12 October 2021, 07:47 WIB

Belanda Cetak Setengah Lusin Gol ke Gawang Gibraltar


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

BELANDA tanpa ampun membantai Gibraltar 6-0 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup G zona Eropa di De Kuip, Rotterdam, Belanda, Selasa (12/10) dini hari WIB.

Memphis Depay membuat dua gol, sementara empat gol sisanya masing-masing dicetak Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma, dan Donyell Malen.

Belanda tampil agresif sejak awal dengan langsung unggul pada menit ke-9 lewat sundulan Van Dijk setelah meneruskan sepak pojok Depay. Skor menjadi 1-0.

Baca juga: Menang Telak Atas Makedonia Utara, Jerman Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

Pada menit ke-18, Belanda mendapat hadiah penalti usai Graeme Torrilla melakukan handball di kotak terlarang. Namun, eksekusi penalti Depay masih bisa dimentahkan kiper Gibraltar Bradley Banda.

Dua menit berselang, Depay menebus kegagalannya dengan mencetak gol mudah dari jarak dekat usai menerima umpan Davy Klaassen. Belanda pun memimpin 2-0.

Tidak lama sebelum babak pertama usai, Depay kembali menambah keunggulan Belanda lewat tendangan penalti setelah Julian Valarino melakukan handball. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Selepas jeda, tim Oranje tetap mempertahankan intensitas mereka.

Pada menit ke-48, aksi Noa Lang dari sisi kiri dituntaskan dengan sundulan Denzel Dumfries di depan gawang hingga membuat Belanda unggul 4-0.

Belanda memperbesar keunggulan pada menit ke-75. Depay mengirimkan umpan lambung yang disundul Wout Weghorst dan bola mengarah ke Danjuma, yang menyambarnya di depan gawang.

Belanda masih belum puas mencetak gol. Weghorst mengirimkan umpan terobosan kepada Donyell Malen, dan dituntaskan ke tiang jauh. Skor pun berubah 6-0 dan bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil ini, Belanda semakin kokoh di puncak klasemen Grup G dengan poin 19, sedangkan Gibraltar terpuruk pada peringkat enam dengan sama sekali belum meraih poin. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT