11 October 2021, 20:02 WIB

Penghargaan Ballon d'Or, Bagaimana Cara Pemilihannya?


Widhoroso | Sepak Bola

ACARA penghargaan Ballon d'Or akan berlangsung di Paris, Prancis, 29 November mendatang. 30 pesepakbola terbaik di dunia akan bersaing untuk meraih penghargaan individu tertinggi dalam dunia sepakbola yang menjadi pengakuan atas reputasi pemain terbaik.

Nama-nama bintang seperti Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo menjadi favorit pemenang. Keduanya mendominasi sebagai pemenang dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi bagaimana proses seleksi untuk memilih pemenang Ballon d'Or bekerja. Bagaimana prosedur pemungutan suara berlangsung?

Bagaimana proses pemilihan nominasi Ballon d'Or?

Daftar awal yang terdiri dari 30 nama yang bakal bersaing memperebutkan Ballon d'Or disusun oleh tim editorial di France Football, sebuah publikasi sepakbola mingguan Prancis yang merupakan salah satu surat kabar paling terkemuka.

Setelah penyusunan dafta nama 30 pemain, dewan juri yang terdiri dari para jurnalis dari berbagai negara disatukan, dan mereka kemudian diberi tugas untuk memilih pemain yang mereka anggap layak untuk menduduki posisi pertama, kedua dan ketiga.

Bagaimana proses voting untuk Ballon d'Or?

Setelah dewan juri ditentukan, mereka kemudian akan memilih lima pemain teratas dari dalam daftar 30 nama pemain. Kemudian akan disusun daftar berdasarkan peringkat prestasi sesuai penilaian mereka.

Aturan dan regulasi yang harus dipatuhi oleh dewan juri dalam pemilihan dan menentukan peringkat lima besar dalam pilihan mereka adalah seperti di bawah ini:
- Penampilan individu dan kolektif (pemenang) sepanjang tahun.
- Kelas pemain (bakat dan fair play).
- Penilaian keseluruhan dari karier pemain.

Pemain yang berada di peringkat teratas dalam setiap pilihan jurnalis akan mendapatkan enam poin, dengan yang kedua mendapat empat poin, lalu tiga untuk peringkat berikutnya dan berkurang satu poin sampai posisi kelima.

Bagaimana cara memilih pemenang Ballon d'Or?

Setelah setiap anggota dewan juri memilih lima pemain teratas mereka untuk penghargaan Ballon d'Or, total poin dihitung dan ditambahkan, dan pemain yang menerima poin terbanyak akan diberikan penghargaan tertinggi.

Namun, jika ada dua pemain dengan nilai yang sama di posisi pertama, maka yang teratas akan ditentukan oleh berapa kali mereka terpilih di urutan nomor satu dalam setiap daftar milik para jurnalis. Jika masih seimbang, maka juga akan dilihat seberapa banyak mereka dipilih di posisi kedua, lalu ketiga dan begitu seterusnya.

Jika masih tetap sama, maka akan diadakan voting atau pemungutan suara yang baru hanya untuk menentukan pemenang di antara dua pemain yang memiliki nilai sama.

Seandainya masih belum ketahuan pemenangnya, maka direktur editorial France Footbal, sebagai ketua juri, akan dipanggil untuk membuat keputusan akhir. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT