08 October 2021, 11:54 WIB

Pascapengambilalihan oleh Arab Saudi, Pendukung dan Mantan Pemain Newcastle Berani Bermimpi Lagi


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PARA pendukung dan mantan pemain Newcastle United mengungkapkan kegembiraan mereka setelah Liga Primer Inggris menyetujui pengambilalihan klub itu oleh konsorsium pimpinan Arab Saudi seharga 300 juta pound sterling.

Public Investment Fund, PCP Capital Partners, dan RB Sports & Media menyelesaikan pengambilalihan Newcastle United setelah lolos dari tes kelayakan pemimpin dan direktur Liga Primer Inggris.

Ratusan pendukung Newcastle berkumpul di luar markas the Magpies St James' Park mengangkat spanduk dan menyalakan kembang api merayakan berakhirnya era kepemilikan Mike Ashley yang berlangsung selama 14 tahun.

Baca juga: Amnesty International Kecam Pengambilalihan Newcastle oleh Konsorsium Arab Saudi

Newcastle adalah salah salah satu klub Liga Primer Inggris yang memiliki banyak pendukung namun sudah tidak memenangkan gelar apa pun sejak menjadi juara Piala FA pada 1955.

Namun, pengambilalihan itu membuat para pendukung Newcastle bermimpi klub pujaan mereka akan bisa menjadi kekuatan baru di Liga Primer Inggris dengan kekuatan dana besar dari Arab Saudi.

"Yes, kita bisa bermimpi lagi," cicit pemain legendaris Newcastle Alan Shearer, pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris sepanjang masa dengan 260 gol.

"Akhirnya, para pendukung Newcastle mendapatkan apa yang layak mereka dapatkan, pemilik yang ingin menjadikan Newcastle kembali ke tempat selayaknya dan memiliki ambisi untuk bersaing di papan atas," ujar mantan penjaga gawang Newcastle Shay Given. "Ini adalah saat yang luar biasa bagi Toon army."

Mantan penyerang Newcastle dan peraih Ballon d'Or 2001 Michael Owen meramalkan masa depan cerah untuk Newcastle.

"Ini adalah kabar baik bagi semua yang terkait dengan Newcastle, Kepemilikan baru ini adalah yang dibutuhkan oleh klub. Klub kini memiliki optimisme baru," kata Owen melalui Twitter.

Asosiasi Pendukung Newcastle mengirim surat kepada pemilik baru klub mengungkapkan kebahagiaan mereka terkait pengambilalihan itu.

"Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, kami yakin hasrat kami melihat Newcastle yang penub ambisi bisa terwujudm" ujar ketua The Newcastle United Supporter Trust Greg Tomlinson.

"Kami menghargai hasrat dan tekad And auntuk membeli klub kami meski sempat ada masalah dengan Liga Primer Inggris. Kami juga menghargai pengertian Anda mengenai betapa spesialnya Newcasle United bagi kami," lanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT