24 September 2021, 18:56 WIB

Tekuk Persiraja, Persipura Keluar Dari Zona Degradasi


Widhoroso | Sepak Bola

PERSIPURA Jayapura memetik kemenangan perdana di Liga 1 2021-2022 setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh 2-1 pada matchday keempat di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (24/9). Tambahan tiga poin ini membuat Persipura keluar dari zona degradasi usai mengumpulkan nilai empat, dan menduduki peringkat 11 sekaligus menggusur Persiraja ke posisi 15 klasemen sementara.

Persiraja dan Persipura mengawali pertandingan yang berlangsung di bawah sengatan terik matahari dengan tempo lamban. Tidak banyak ancaman serius yang diberikan kedua tim sepanjang sepuluh menit pertama.

Persiraja yang perlahan-lahan menaikkan irama permainan akhirnyA membuka keunggulan terlebih dulu pada menit ke-13. Umpan Muhammad Rifaldi dituntaskan sundulan Paulo Henrique. Ini membuat Henrique untuk sementara memimpin topskor dengan lima gol.

Persipura berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Peluang diberikan Persipura melalui set-piece pada menit ke-19. Namun tendangan bebas Gunansar Mandowen dapat ditepis kiper Aji Bayu Putera, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Tim Mutiara Hitam akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-22. Umpan Rivaldo Todd Ferre yang menyisir dari sisi kanan serangan berhasil dituntaskan Gunansaw Mandowen.

Persipura mulai menguasai permainan, dan memberikan tekanan bertubi-tubi ke pertahanan Persiraja. Peluang emas diperoleh Persipura pada menit ke-32, tapi sontekan Riky Kayame yang berdiri bebas di depan gawang ketika menerima umpan dari sisi kiri serangan justru melayang di atas mistar. Skor imbang 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pertarungan antara Persiraja dan Persipura tetap berlangsung sengit di babak kedua. Persiraja mendapatkan peluang pada menit ke-55 ketika Vanja Markovic menerima umpan terobosan, tapi sontekannya dapat dipatahkan kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Selang tiga menit kemudian, giliran Persipura yang menebar ancaman di pertahanan Persiraja. Tendangan bebas Irsan Lestaluhu menghajar tiang kanan gawang, dan bola muntah coba disambut Tahir. Sayangnya, sontekan Tahir dapat diamankan penjaga gawang.

Persipura sukses membalikkan keadaan pada menit ke-67. Todd Ferre menusuk dari sisi kanan serangan, dan menyodorkan bola kepada Kayame. Pemain bernomor punggung sembilan ini lalu memberikan umpan kepada Yohanes Pahabol yang tanpa kesulitan menjebol gawang Persiraja.

Persiraja meningkatkan irama permainan dengan mencecar pertahanana Persipura untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, ketergantungan terhadap Henrique membuat serangan Persiraja kali ini bisa dibaca pertahanan Persipura. Skor 2-1 ini akhirnya menutup pertandingan. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT