24 September 2021, 12:35 WIB

Pelatih Persela Sebut Kehadiran Alessio Naikkan Harkat Sepak Bola IndonesIa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Persela Iwan Setiawan menyebut kehadiran juru taktik Persija, Angelo Alessio, menaikkan harkat dan martabat sepak bola Indonesia.

"Saya kira kehadiran Angelo Alessio secara tidak langsung mengangkat harkat, martabat sepak bola Indonesia di mata internasional," ujar Iwan dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Kamis (23/9) malam.

Alasannya, lanjutnya, tidak lain adalah pengalaman Alessio menangani tim-tim Eropa baik sebagai pelatih maupun asisten pelatih.

Baca juga: Pelatih Akui Barito Putera Terpukul Akibat Tiga Kekalahan dari Empat Laga Liga 1

Nama Alessio tenar setelah mendampingi pelatih kenamaan Italia, Antonio Conte, sebagai asisten pelatih pada 2010-2018.

Saat bersama Conte, Alessio turut menyumbangkan berbagai gelar untuk timnya. Mereka membawa Juventus tiga kali juara Serie A dan dua kali kampiun Supercoppa Italia. Selanjutnya, Chelsea dibawa sekali juara Liga Primer Inggris dan satu kali juara Piala FA.

Dengan pengalaman sebanyak itu, Iwan yakin Alessio memiliki banyak hal yang bisa dibagikan kepada pelatih-pelatih di Indonesia.

"Mudah-mudahan keberadaannya di Indonesia menjadi nilai positif. Kami, pelatih-pelatih Indonesia pun bisa belajar dari beliau," kata pria berusia 53 tahun tersebut.

Alessio direkrut Persija pada pertengahan 2021 dengan beban target juara Liga 1.

Akan tetapi, hingga pekan ketiga Liga 1 2021/22, Persija sama sekali belum merasakan kemenangan. Dari tiga laga yang sudah dilewati, skuat Macan Kemayoran hanya mampu menorehkan tiga hasil imbang.

Persija akan menghadapi Persela dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (24/9), mulai pukul 20.30 WIB.

Berbeda dengan Persija, Persela sudah merasakan satu kemenangan pada tiga laga perdana Liga 1 2021-2022. Namun, pada dua laga lain, Laskar Joko Tingkir itu harus menelan kekalahan.

Berdasarkan catatan pertemuan, sejak 2007, Persija dan Persela sudah 24 kali berhadapan. Persija mendominasi perjumpaan itu dengan 10 kali menang. Persela hanya sanggup lima kali menundukkan lawannya itu. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT