23 September 2021, 23:23 WIB

Laporta Tegaskan Barcelona Akan Pertahankan Koeman


Widhoroso | Sepak Bola

POSISI Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona berada dalam tekanan setelah hasil mengecewakan di dua laga terakhir. Selepas digasak Bayern Muenchen 0-3 di Liga Champions, Barcelona hanya bermain imbang 1-1 melawan Granada dalam lanjutan La Liga. Dari empat laga La Liga, Barcelona masing-masing mendulang dua kemenangan dan imbang.

Spekulasi Koeman tidak dipertahankan Blaugrana makin kencang setelah sang pelatih hanya membacakan keterangan dalam konferensi pers menjelang duel melawan Cadiz yang akan berlangsung Jumat (24/9) dini jari nanti. Rumor menyebutkan Antonio Conte disebut sebagai sosok yang akan menggantikan Koeman.

Kendati demikian, Presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan manajemen tetap bersama Koeman dan akan mempertahankan sang pelatih. Menurut Laporta, hasil yang diraih Barcelona di awal musim merupakan tanggung jawab bersama.

"Masa depan Koeman tidak bergantung kepada pertandingan malam ini. Kami bersama pelatih. Dia pelatih tim utama, dan apa yang kami inginkan adalah segala sesuatunya berjalan lancar," tegas Laporta dalam wawancaranya dengan El Chiringuito dikutip laman Marca.

"Staf pelatih, tidak hanya Koeman, memang sangat berperan dalam hasil akhir di beberapa pertandingan. Tapi Koeman tetap pelatih kami dan kami sangat senang dengan dia," imbuhnya.

Laporta juga menjelaskan situasi di dalam klub. Manajemen akan berusaha memperbaiki diri agar Barcelona kembali solid seperti sebelumnya, baik dari segi ekonomi, keolahragaan, serta sosial.

"Kami bertanggung jawab untuk mengelola klub. Kami memiliki lebih banyak informasi saat membuat keputusan, dan kami harus mempertimbangkan segalanya. Bagi kami, tidak masalah untuk membuat keputusan dalam bentuk apa pun," kata Laporta.

Sebelumnya Laporta telah memberikan pernyataan terkait sikap Koeman di sesi jumpa wartawan. Laporta melakukan pembelaan dengan menyatakan sikap yang diambil Koeman merupakan hak dirinya sebagai pelatih.

"Pelatih memiliki kewajiban untuk hadir di konferensi pers, dan dia bebas menjawab pertanyaan, atau mengekspresikan dirinya sesuai keinginannya. Saya menghormati keputusannya. Kami telah mengetahuinya beberapa menit sebelumnya, begitu juga dengan kapten," beber Laporta. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT