20 September 2021, 04:50 WIB

Dua Gol Haaland Antar Dortmund Tekuk Union Berlin


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ERLING Braut Haaland mengemas dua gol saat Borussia Dortmund mengatasi Union Berlin dengan skor 4-2 dalam laga pekan kelima Bundesliga di Stadion Signal Iduna Park, Senin (20/9) dini hari WIB.

Raphael Guerreiro membuka keunggulan Dortmund yang disusul gol pertama Haaland serta gol bunuh diri bek Union Berlin Marvin Friedrich.

Tim tamu sempat memperlihatkan momentum kebangkitan saat membalas melalui eksekusi penalti Max Kruse dan gol sundulan Andreas Voglsammer, tetapi Haaland mencetak gol keduanya demi mengunci kemenangan Dortmund.

Baca juga: Meski Bermain dengan 10 Pemain, Leverkusen Tekuk Stuttgart

Dortmund kembali ke posisi ketiga klasemen dengan raihan 12 poin, setelah sempat disalip Bayer Leverkusen (10), beberapa jam sebelumnya, sedangkan Union (6) tidak beranjak dari urutan kedelapan.

Guerreiro membawa tuan rumah memimpin lewat gol apiknya menyambar bola liar di dalam kotak penalti Union dan melesakkannya ke area tiang jauh pada menit ke-10.

Keunggulan Dortmund digandakan oleh Haaland pada menit ke-24 lewat sundulannya menyabut umpan silang kiriman Thomas Meunier demi memperdaya kiper Andreas Luthe.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan, tujuh menit memasuki babak kedua, Dortmund memperoleh gol ketiga mereka saat Friedrich berusaha memotong umpan tarik Marco Reus, tetapi malah membuat bola bersarang ke gawangnya sendiri.

Union memperkecil ketertinggalan pada menit ke-57 lewat eksekusi penalti Kruse, setelah wasit Sven Jablonski dan VAR menyimpulkan Axel Witsel telah melanggar Kevin Behrens di dalam area terlarang.

Momentum kebangkitan Union berlanjut ketika mereka mengonversi situasi sepak pojok kiriman Niko Giesselmann disambut tandukan jarak dekat Voglsammer demi membuat kedudukan jadi 2-3 pada menit ke-81.

Namun, momentum itu segera dikubur Haaland, yang menjawabnya dua menit kemudian, dengan sepakan kaki kiri untuk merestorasi keunggulan dua gol bagi Dortmund yang menang 4-2 kala peluit bubaran berbunyi.

Kedua tim main lagi pada Sabtu (25/9), saat Dortmund bertandang ke Borussia Park menghadapi Borussia Moenchengladbach sementara Union menjamu Arminia Bielefeld di An der Alsten Foersterei. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT