16 September 2021, 04:37 WIB

Sheriff Tiraspol Tandai Debut di Liga Champions dengan Kemenangan


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SHERIFF Tiraspol menandai debut mereka di fase grup Liga Champions dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas Shakhtar Donetsk di Stadion Boshaya Sportivnaya Arena, Moldova, Rabu (15/9) malam WIB.

Dua gol kemenangan Sheriff dicetak oleh Adama Traore dan Momo Yansane, yang sama sekali gagal dibalas Shakhtar, kendati tim Ukraina itu mendominasi tidak kurang dari 74% penguasaan bola sepanjang laga.

Sheriff bercokol di puncak klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, sembari menanti hasil laga Inter Milan vs Real Madrid, sedangkan Shakhtar jadi juru kunci tanpa poin.

Baca juga: Dortmund Raih Poin Penuh di Kandang Besiktas

Tuan rumah tampil percaya diri memasuki pertandingan debut mereka di kasta tertinggi Eropa dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui gol Traore.

Berawal dari keberhasilan bek sayap Cristiano memenangi perebutan bola di sisi kiri lapangan, ia melepaskan umpan silang yang disambut tembakan voli akurat Traore tanpa memberi kesempatan kiper Andriy Pyatov bereaksi.

Tiga menit sesudah itu, Pyatov malah melakukan blunder ketika umpannya dipotong Sebastien Thill di tepian kotak penalti Shakhtar, yang kemudian mengirim umpan, sayang tembakan penyelesaian Jasurbek Yaxshiboyev terlalu lemah dan mudah diamankan Pyatov.

Shakhtar perlahan bangkit dan berusaha mencetak gol balasan saat Fernando mengirim umpan terobosan apik ke arah Lassina Traore, namun tendangan mantan penyerang Ajax itu bisa diantisipasi sempurna oleh kiper Giorgos Athanasiadis ke atas mistar gawang.

Sheriff sukses meredam upaya kebangkitan tim tamu demi mempertahankan keunggulan hingga turun minum dan, pada menit ke-51, Athanasidis kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan bola tembakan Marlos yang sempat berbelok membentur Dulanto.

Kendati terus ditekan, tuan rumah justru sukses mencuri gol kedua pada menit ke-62, saat serangan balik mereka diakhiri umpan silang Cristiano, yang kali ini diselesaikan tandukan tajam Yansane ke pojok kiri atas gawang.

Sheriff seharusnya bisa mencetak tiga atau empat gol di laga kali ini, namun tembakan melengkung Traore masih tipis menyamping dari sasaran dan sepakan mendatar Frank Castaneda bisa diamankan Pyatov.

Sebaliknya, Shakhtar sama sekali gagal mengonversi dominasi penguasaan bola mereka tanpa membuahkan satu gol pun hingga peluit bubaran berbunyi.

Tren positif tentu ingin dilanjutkan Sheriff ketika mereka bertandang ke markas Real Madrid dalam pertandingan kedua, 28 September nanti, beberapa jam setelah Shakhtar menjamu Inter Milan di Ukraina. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT