14 September 2021, 09:45 WIB

Tuchel Ungkap Chilwell Sedang Hadapi Masa Sulit


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Chelsea Thomas Tuchel mengungkapkan bek sayap asal Inggris Ben Chilwell tengah berusaha melalui masa sulit setelah kecewa tidak pernah dimainkan timnas Inggris di Piala Eropa 2020.

Dikutip dari Sky Sports, Selasa (14/9), Tuchel mengatakan kekecewaan Chilwell itu mempengaruhinya secara mental dan membuat pemain berusia 24 tahun itu tidak dapat menampilkan penampilan terbaiknya bersama Chelsea.

Setelah tampil selama 90 menit bersama Chelsea ketika berhasil menang atas Manchester City di final Liga Champions, Chilwell selanjutnya sama sekali tidak bermain untuk Inggris ketika berlaga di Piala Eropa 2020.

Baca juga: Tuchel Tuntut Pemain Chelsea Tetap lapar Gelar Liga Champions

Selain itu, baru-baru ini, Chilwell juga tidak masuk dalam skuat Inggris ketika tampil di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu mempengaruhi pada mental bek sayap tersebut.

"Ya, itu tentu saja sulit untuk dia (Chilwell),dan saya pikir itu sangat normal. Dia datang dari kemenangan Liga Champions, 90 menit, penampilan yang kuat dan akhir musim yang bagus secara umum. Dia memainkan banyak menit untuk kami di berbagai pertandingan penting, di level tertinggi," ujar Tuchel.

"Lalu, secara pribadi, itu adalah Piala Eropa yang berat baginya, karena di sana ada kesempatan di mana dia bisa bermain. Saya tahu itu sulit, karena kamu merasa bagian dari tim, tapi kamu benar-benar tidak merasakan itu jika kamu tidak berkeringat di lapangan dan jika kamu tidak pernah mengenakan seragam. Itu perasaan yang aneh, juga untuk berlatih dalam empat atau lima minggu secara terus menerus," sambungnya.

Pelatih asal Jerman itu menjelaskan bahwa Chilwell mengalami kekecawaan yang besar karena hal itu dan membuat dirinya kelelahan secara mental.

Di waktu yang bersamaan, Chilwell juga harus kehilangan tempatnya di Chelsea karena Marcos Alonso menunjukan kualitas dan sikap yang bagus selama pramusim bersama The Blues.

"Dia sedang istirahat dan sulit baginya untuk benar-benar rileks dan menghilangkan kekecewaan dari pundaknya. Ketika dia tiba di sini, saya mereasa dia sedikit lelah secara mental, masih mengkhawatirkan situasinya," ungkap Tuchel.

"Pada saat yang sama, dia sangat tidak beruntung karena Marcos (Alonso) ada di sini sepanjang pramusim dan dia mengambil kesempatan ini
dengan kualitas dan sikap yang luar biasa. Marcos sangat penting bagi kami sejak hari pertama latihan dan kemudain dia tampil di posisi Chilly," lanjutnya.

Pada musim ini, Chilwell sama sekali belum pernah mendapatkan kesempatan bermain untuk Chelsea di empat pertandingan yang sudah dilalui The Blues di Liga Primer Inggris.

Selama membela Chelsea, sejak Agustus 2020, Chilwell tercatat berhasil menorehkan 42 penampilan serta menyumbangkan 4 gol dan 17 assist di berbagai ajang. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT