14 September 2021, 04:50 WIB

Tekuk Burnley, Everton Duduki Papan Atas Liga Primer Inggris


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

EVERTON kembali sejajar dengan para pemuncak klasemen Liga Primer Inggris setelah bangkit dari ketertinggalan dan menang 3-1 atas Burnley di laga lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (14/9) dini hari WIB.

Ben Mee sempat membuat Burnley unggul di Goodison Park sebelum tiga gol cepat dalam tempo enam menit memperpanjang kiprah apik Rafael Benitez sebagai pelatih Everton.

Sundulan Michael Keane yang menjebol gawang mantan klubnya membuat Everton menyamakan kedudukan sebelum dua pemain yang didatangkan Benitez, Andros Townsend dan Demarai Gray membuat the Toffees berbalik unggul.

Baca juga: Leeds Targetkan Tembus Zona Eropa dalam Dua Tahun

Everton kini mengantongi 10 poin dari empat laga Liga Primer Inggris sama dengan raihan Liverpool, Chelsea, dan Manchester United yang memuncaki klasemen sementara.

Kemenangan Everton asal Burnley menjadi semakin luar biasa setelah mereka melakukannya tanpa penyerang andalan mereka Dominic Calvert-Lewin.

Sebelum pertandingan, Benitez mengonfirmasi bahwa penyerang Inggris itu akan absen setidaknya hingga Oktober karena patah jari kaki dan cedera paha.

Absennya Calvert-Lewin sangat dirasakan Everton, terutama di babak pertama, yang berakhir imbang tanpa gol.

Saat babak kedua baru berjalan delapan menit, Mee membawa Burnley unggul memanfaatkan umpan silang Berg Gudmundsson.

Namun, 7 menit kemudian, Everton sukses menyamakan kedudukan ketika Keane mendapat ruang bebas untuk menyundul umpan silang Townsend.

Sebelumnya. mayoritas pendukung Everton tidak menyukai penunjukkan Benitez sebagai pelatih mengingat pelatih Spanyol itu adalah sosok yang mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Champions kelima mereka,

Namun, pola rekrutmen yang apik serta kecanggihan taktik Benitez sukses mengubah pandangan para pendukung the Toffees.

Perubahan sistem permainan saat Benitez memasukkan Andre Gomes menggantikan Ben Godfrey, tidak lama setelah Everton menyamakan kedudukan, membantu klub asal Liverpool mendominasi Burnley di sisa pertandingan.

Townsend, yang bermain di bawah asuhan Benitez di Newcastle, membuktikan kualitas dirinya dengan membawa Everton unggul lewat tendangan jarak jauh yang bersarang di gawang Burnley.

Gray kemudian mencetak gol ketiganya dalam tiga laga untuk membuat Everton unggul 3-1 memanfaatkan umpan Abdoulaye Doucoure. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT