12 September 2021, 05:06 WIB

Dortmund Menang Tipis Atas Leverkusen Lewat Drama Tujuh Gol


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ERLING Braut Haaland membawa Borussia Dortmund memenangi pertarungan tujuh gol kontra Bayer Leverkusen yang berakhir dengan skor 4-3 dalam laga pekan keempat Bundesliga di Stadion BayArena, Sabtu (11/9).

Haaland mencetak gol pertama dan terakhir Dortmund yang sempat tiga kali tertinggal dari tuan rumah sepanjang laga akibat gol-gol Florian Wirtz, Patrik Schick, dan Moussa Diaby.

Selain Haaland, dua gol kemenangan Dortmund lainnya dicetak oleh Julian Brandt dan Raphael Guerreiro.

Baca juga: Menang di Markas Greuther Fuerth, Wolfsburg Kokoh di Puncak Klasemen

Dortmund sementara naik ke posisi kedua klasemen dengan raihan sembilan poin, termasuk menyalip Leverkusen (7), yang kini melorot ke peringkat kelima.

Wirtz membawa Leverkusen memimpin lewat sepakan penyelesaian atas operan Paulinho saat laga baru berusia sembilan menit dan Dortmund harus menunggu hingga menit ke-37 untuk menyamakan kedudukan melalui tandukan Haaland menyambut umpan silang Thomas Meunier.

Tiga menit berselang, Jude Bellingham mengoyak gawang Leverkusen tetapi gol itu dianulir wasit Daniel Siebert dan petugas VAR. Alih-alih, tuan rumah merestorasi keunggulan melalui serangan balik yang diakhiri gol Schick pada pengujung babak pertama.

Empat menit memasuki babak kedua, Dortmund menyamakan kedudukan lagi saat umpan Haaland diselesaikan dengan baik oleh Brandt untuk memperdaya kiper Lukas Hradecky.

Namun, tuan rumah kembali merestorasi kepemimpinan mereka melalui tendangan jarak jauh Diaby yang sama sekali gagal diantisipasi kiper Gregor Kobel pada menit ke-55.

Kerja keras Dortmund baru membuahkan hasil lagi pada menit ke-71 saat Guerreiro melepaskan eksekusi tendangan bebas yang melewati pagar hidup Leverkusen dan bersarang ke pojok kanan atas gawang.

Momentum Dortmund berlanjut, dua menit kemudian, ketika sang kapten Marco Reus dijatuhkan Odilon Kossounou di dalam kotak terlarang tuan rumah.

Setelah konsultasi panjang, selama nyaris empat menit dengan VAR, wasit menunjuk titik putih dan kesempatan itu dimanfaatkan optimal oleh Haaland yang mengonversinya demi membawa Dortmund berbalik unggul 4-3 atas Leverkusen.

Satu tembakan dari Lucas Alario dan dua lainnya dari Karim Bellarabi menjadi upaya Leverkusen untuk mencetak gol balasan lagi, tapi tidak satu pun membuahkan hasil sehingga Dortmund tetap pulang dengan membawa tiga poin penuh.

Kedua tim selanjutnya akan main lagi pada Minggu (19/9) saat Dortmund menjamu Union Berlin di Signal Iduna Park, sedangkan Leverkusen bertandang ke Mercedes-Benz Arena menghadapi VfB Stuttgart.

Namun, sebelumnya, Kamis (16/9) dini hari WIB, Dortmund akan terlebih dulu main di kandang Besiktas di Turki untuk laga Liga Champions dan sehari kemudian Leverkusen tampil di Liga Europa menjamu wakil Hongaria, Ferencvaros. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT