09 September 2021, 06:21 WIB

Presiden FIFA: Soal Piala Dunia Dua Tahun Sekali akan Diputuskan Akhir Tahun


Basuki Eka Purnama |

PRESIDEN FIFA Gianni Infantino, Rabu (8/9), berjanji akan mengeluarkan putusan pada akhir tahun ini mengenai rencana menggelar Piala Dunia setiap dua tahun sekali.

Rencana, yang didukung oleh mantan manajer Arsenal Arsene Wenger, yang saat ini menjabat direktur pengembangan di FIFA, akan menjadi bagian dari rencana perombakan oleh Infantino.

"Kita harus memiliki sistem yang sederhana dan jelas, yang dimengerti semua orang, yang membedakan mana laga timnas dan mana laga klub," ujar Infantino dalam wawancara dengan SNTV.

Baca juga: Mancini Janjikan Kesempatan Tampil bagi Raspadori dan Kean

Dengan kalender pertandingan internasional akan berakhir pada 2024, Infantino mengatakan FIFA akan mengambil keputusan pada akhir tahun ini.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin, pekan ini, memperingatkan menggelar Piala Dunia setiap dua tahun akan membuat kejuaraan itu menjadi tidak berarti.

Pendukung dari berbagai penjuru dunia juga lebih memilih Piala Dunia tetap digelar empat tahun sekali.

"Mayoritas pendukung sepak bola menentang Piala Dunia setiap dua tahun sekali. Seandainya FIFA meminta pendapat kami, mereka akan mengetahuio hal itu," tegas 58 organisasi pendukung timnas dari enam konfederasi melalui sebuah pernyataan bersama, Selasa (7/9).

"Mengapa meninggalkan tradisi yang telah berlansung selama hampir satu abad dan melakukan perubahan yang tidak terbukti akan memperbaiki sepak bola," imbuh pernyataan bersama itu.

Liga-Liga Sepak Bola Dunia juga menentang penyelenggaraan Piala Dunia setiap dua tahun sekali. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT