05 September 2021, 14:25 WIB

Ukraina Tahan Imbang Prancis dalam Kualifikasi Piala Dunia


Ilham Ananditya | Sepak Bola

DALAM laga kelima grup D untuk kualifikasi Piala Dunia 2022, Ukraina berhasil menahan imbang Prancis 1-1. Namun, kali ini mereka berlaga di kandang sendiri, yakni NSC Olimpiyskiy Stadium, pada Minggu (5/9) dini hari WIB.

Tendangan menakjubkan dari gelandang tuan rumah Ukraina Mykola Shaparenko sebelum turun minum, membuat Ukraina unggul terlebih dulu. Kemudian, penyerang Prancis Anthony Martial pada menit ke-50, menahan imbang kubu lawan hingga akhir laga.

Awalnya, Ukraina memulai laga dengan permainan bertahan yang baik. Itu membuat Prancis lebih banyak melakukan umpan untuk mencoba menembus lini pertahanan mereka.

Baca juga: Southgate Targetkan Inggris Juara Piala Dunia

Ukraina juga beberapa kali menciptakan peluang dengan tiga dari tujuh tembakan sesuai target. Namun, kiper Prancis asal Tottenham Hotspur Hugo Lloris berhasil menangkap percobaan tersebut.

Prancis yang menggunakan formasi 4-4-2, mengandalkan tombak serang yang berpusat pada ritme Martial dan Antoine Griezmann. Namun, hanya mampu menciptakan dua peluang terarah ke gawang Andrij Pyatov. Akan tetapi, semuanya berhasil ditepis.

Upaya dari gelandang tengah Prancis, Paul Pogba, yang berada di tengah, mencoba mengirim bola kepada Martial untuk kemudian diteruskan ke Griezmann. Namun, upaya tersebut masih melebar di tepi gawang Ukraina.

Baca juga: Khabib Klaim Sudah Lama Tahu Ronaldo akan Pulang ke MU

Sampai akhirnya pada menit ke-44, Ukraina melalui penyerang Yaremchuk mencoba membawa bola sedekat mungkin ke wilayah Lloris. Sayangnya, Kurt Zouma berhasil menahan lajunya.

Shaparenko kemudian menyambar bola tersebut dan membuat Ukraina unggul lebih dulu dengan 1-0 di babak pertama. Mencoba tampil agresif, Prancis tidak menyia-nyiakan peluang pada menit ke-50 lewat gol dari Martial.

Baca juga: Dua Gol Telat Warnai Hasil Imbang Ukrania vs Kazakhstan

“Ini adalah pertandingan yang sulit bagi kami. Tetapi, setidaknya kami berhasil menyamakan kedudukan dalam pertandingan yang sangat penting,” jelas Martial.

Sepanjang laga kedua, Prancis mencoba peluang lain ke arah gawang Ukraina. Namun, semuanya berhasil ditangkap oleh Pyatov. Tercatat tiga dari tujuh tembakan Prancis berhasil mengarah ke arah penjaga gawang Pyatov.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir laga. Walau berakhir imbang, Prancis masih menempati posisi teratas grup D, dengan perolehan 9 poin. Sementara itu, Ukraina belum mencatatkan kemenangan dan bertengger di urutan ketiga.(Guardian/OL-11)


 

BERITA TERKAIT