26 August 2021, 09:17 WIB

Kemenangan di Piala Liga Jadi Modal Berharga The Gunners


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Arsenal Mikel Arteta sedikit bernafas lega setelah meraih kemenangan besar 6-0 atas West Bromwich Albion di ajang Piala Liga, Kamis (26/8) dini hari WIB.

Dua kekalahan beruntun di Liga Primer Inggris, bahkan tanpa gol, saat melawan Brentford dan Chelsea membuat Arteta dalam tekanan. 

Namun, The Gunners menjawab tekanan itu dengan kemenangan telak atas West Brom. Pierre-Emerick Aubameyang memborong tiga gol, yang dilengkapi gol Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette, dan Bukayo Saka.

Baca juga: Kane Bertahan di Spurs, Nuno Senang

Itu menjadi kemenangan terbesar dalam karier kepelatihan Arteta. Arsenal juga tidak pernah mencetak enam gol dalam satu pertandingan sejak 2017.

"Kami semua kecewa karena kami belum memenangi satu pun dari dua pertandingan di Liga Primer Inggris, tetapi (saya senang) sikap para pemain dan betapa kompaknya mereka," kata Arteta.

"Ketika Anda kalah, hal terpenting adalah memenangi pertandingan berikutnya. Secepat mungkin menang, mendapatkan kepercayaan diri, mendapatkan clean sheet, mencetak beberapa gol bagus. Secara umum, itu adalah malam yang sangat positif," lanjutnya.

Arteta senang untuk Aubameyang yang telah membangun kepercayaan diri yang sangat dibutuhkan tim. Ini menjadi hattrick ketiga Aubameyang untuk The Gunners yang kembali tampil setelah sembuh dari Covid-19.

Menurutnya, dukungan para penggemar dari tribun sangat berpengaruh kepada pemain asal Gabon itu.

"Dia karakter yang sangat bahagia. Dia membutuhkan hubungan itu dengan orang-orang, dengan keluarganya, teman-teman, dan para penggemar. Saya pikir itu sesuatu yang sangat positif baginya. Untuk mendapatkan beberapa menit dan mencetak tiga gol untuk kepercayaan dirinya, saya pikir itu akan menjadi luar biasa," kata Arteta.

Arteta mengatakan hasil positif ini menjadi modal bagus menjelang berhadapan dengan Manchester City di pekan ketiga Liga Primer Inggris, akhir pekan nanti.

“Pertandingan hari ini akan memberi kami kepercayaan diri (melawan Manchester City). Kami memiliki pemain yang bermain beberapa menit pertama,” jelasnya. (Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT