23 August 2021, 12:02 WIB

Persipura Tunggu Kepastian Jadwal Liga 1


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PERSIPURA Jayapura masih menunggu kepastian jadwal Liga 1 yang akan digelar mulai 27 Agustus. Saat ini, Persipura masih menjalani pemusatan latihan (TC) di Batu, Jawa Timur, sebagai persiapan menghadapi Liga 1.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengatakan timnya masih menunggu kepastian jadwal kompetisi dalam merancang program menghadapi kompetisi.

"Kami belum mendapat jadwal pasti. Seandainya memang pertandingan tanggal 27, mungkin H-3 kita pergi ke kota tempat pertandingan. Sehingga, mungkin Selasa (24/8) atau Rabu (25/8) kita masih menjalani Training Camp di Kota Batu," kata Jacksen dilansir dari YouTube resmi klub.

Jacksen menambahkan, perubahan kompetisi dengan menggunakan sistem bubble dan kompetisi tanpa penonton sedikit banyak menguntungkan bagi Persipura. Pasalnya, tim Mutiara Hitam pernah merasakan kondisi serupa pada musim 2019 dan 2020.

"Pada kompetisi 2019 maupun awal 2020, kami bermain tanpa penonton di tempat netral. Jadi apa yang terjadi saat ini bukan hal baru buat kami. Secara logika, mungkin adaptasi kami lebih mudah dibandingkan peserta lain,” ujar Jacksen.

Baca juga: Mabes Polri Masih Tinjau Perizinan Liga 1 dan 2

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan akan merilis jadwal kick-off Liga 1 pada Selasa (24/8). Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan pengumuman jadwal sempat mengalami penundaan karena berbagai pertimbangan, termasuk soal venue pertandingan.

Meski dirilis H-3 kick-off Liga 1 berlangsung, PT LIB mengklaim pengumuman itu tidak mepet.

"Tidak mepet sebab klub dalam posisi siap semua. Ketika jadwal kompetisi diumumkan, tim tinggal masuk klaster pertama,” ujarnya.

Liga 1 2021 memakai format pertandingan dalam enam seri dan tiga klaster di Pulau Jawa. Untuk seri pertama rencananya akan digelar di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Jadwal akan dirilis setiap seri untuk menyesuaikan kondisi dan situasi di tengah pandemi Covid-19.

"Terkait rencananya, seri pertama Liga 1 bakal diputar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Pengumuman jadwal juga akan kami rilis per seri dulu. Jadi kami nanti mengumumkan jadwal untuk seri pertama,” ujar Sudjarno.(OL-5)

BERITA TERKAIT