03 August 2021, 17:09 WIB

PSSI Siap Gelar Kompetisi Liga 1 pada 20 Agustus


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PSSI siap menggelar kompetisi 2021-2022 pada 20 Agustus mendatang. Keputusan kick-off itu diambil setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan perwakilan Polri.

Sebelumnya, Liga 1 musim 2021-2022 direncanakan kick off pada 9 Juli. Namun, karena adanya PPKM darurat dan PPKM level 4 di Pulau Jawa-Bali, kompetisi terpaksa harus ditunda.

Adapun format Liga 1 musim ini rencananya digulirkan dalam enam series. Seri pertama bakal berlangsung di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, sebagai upaya menggelar kompetisi di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Persib: Tim Butuh Persiapan Lebih Lama Hadapi Liga 1

Namun, PSSI belum menentukan kembali soal lokasi series pertama pascapenundaan tersebut. PSSI menyebut series 1 akan dimulai di zona hijau. Demikian juga untuk series selanjutnya juga akan dilangsungkan di zona hijau.

Dalam waktu dekat, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan klub Liga 1 secara virtual. “PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Kami masih konsisten pada 20 Agustus," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dalam keterangan resmi, Selasa (2/8).

Terkait kick-off Liga 2, PSSI berencana menggelarnya setelah Liga 1 dimulai. PT LIB akan lebih dulu menggelar pertemuan dengan perwakilan klub untuk menetukan waktunya.

“PSSI harus menjalankan kompetisi karena bisa berpengaruh terhadap penilaian FIFA, AFC dan AFF. Apalagi, kami juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, play-off kualifikasi Piala Asia 2022 dan kualifikasi Piala AFC U-23,” imbuh Yunus.

Baca juga: Pemain Harap Liga 1 Segera Bergulir

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menambahkan saat ini mayoritas komponen klub Liga 1 2021-2022, yakni pemain, ofisial dan perangkat pertandingan sudah mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Untuk klub Liga 2 juga sebagian besar sudah melakukan vaksinasi. Tentu ini hal baik menuju kick-off Liga 1 dan 2. Kami ikut membantu tercapainya herd immunity. Yang pasti, mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua,” pungkas Hadian.

Hadian menyebut bahwa turnamen Piala Menpora yang digelar beberapa waktu lalu, akan menjadi acuan digelarnya kompetisi Liga 1 dan 2 dengan protokol kesehatan ketat.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT