22 July 2021, 06:25 WIB

Van Gaal Dilaporkan Sepakat Tukangi Timnas Belanda


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ASOSIASI Sepak Bola Belanda (KNVB) dan Louis van Gaal telah mencapai kata sepakat yang membuat pelatih berjuluk Iron Tulip itu kembali menukangi timnas Oranye. Hal itu dilansir surat kabar De Telegraaf, Rabu (21/7) malam.

Pelatih berusia 69 tahun itu sepakat memimpin timnas Belanda menuju Piala Dunia 2022 di Qatar.

"KNVB dan Van Gaal baru saja mencapai kata sepakat yang membuat Van Gaal melatih timnas untuk ketiga kalinya," ungkap De Telegraaf.

"Setelah pensiun selama satu tahun di Portugal, dia memutuskan untuk kembali melatih," lanjut surat kabar itu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Timnas Italia Jadi Kambing Hitam

Penunjukkan Van Gaal terjadi pascapengunduran diri Frank de Boer, bulan lalu, setelah Belanda tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa oleh Rep Ceko.

Sejak saat itu, KNVB telah mencari pelatih timnas menjelang laga internasional melawan Norwegia, 1 September mendatang.

Belanda, di bawah asuhan De Boer, kalah 4-2 dari Turki di laga kualifikasi Piala Dunia dan kekalahan dari Norwegia akan membuat peluang tim Oranye lolos ke Piala Dunia 2022 semakin berat.

Masa jabatan kedua Van Gaal di timnas Belanda pada 2014 membawa tim Oranye menduduki peringkat tiga Piala Dunia di Brasil.

Dia kemudian menukangi Manchester United, namun dipecat oleh klub Liga Primer Inggris, dua hari setelah mengantarkan Setan Merah menjadi juara Piala FA 2016.

Kala itu, Van Gaal mengatakan menjadi juara Piala FA bersama Manchester United adalah raihan terhebat dalam kariernya.

Van Gaal kemudian mengumumkan dirinya pensiun dari sepak bola pada Januari 2017.

"KNVB dan pendukung timnas Belanda yakin Van Gaal, yang mengantarkan Belanda meraih perunggu di Piala Dunia 2014 bisa menghasilkan yang terbaik bersama timnas, terutama pascakegagalan di Piala Eropa 2020," pungkas De Telegraaf. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT