21 July 2021, 05:45 WIB

Buku Aturan Sepak Bola Berusia 162 Tahun Terjual Seharga Rp1,1 Miliar


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SALAH satu buku aturan sepak bola tertua yang masih ada terjual seharga hampir 57 ribu pound sterling atau sekitar Rp1,1 miliar. Hal itu diungkapkan rumah lelang Sotheby's, Selasa (20/7).

Rumah lelang itu mencatatkan tawaran terakhir secara daring sebesar 56.700 pound sterling dengan mengatakan tawaran sebesar itu terjadi karena pentingnya nilai sejarah buku tersebut.

Buku yang dihiasi sejumlah tulisan tangan itu dicetak pada 1859 selepas pertemuan yang digelar oleh tim sepak bola Sheffield Football Club mengenai aturan permainan sepak bola.

Baca juga: Kiper Veteran Asmir Begovic Bergabung dengan Everton

Buku aturan lainnya yang masih selamat kini berada dalam berkas sejarah Sheffield setelah sempat dijual pada Juli 2011 seharga 881 ribu (sekitar Rp17,5 miliar).

Didirikan pada 1857, Sheffield Football Club diakui oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sebagai klub sepak bola tertua di dunia.

Klub itu memegang peran besar dalam perkembangan sepak bola dengan menghadirkan inovasi baru, kala itu, seperti tendangan bebas dan tendangan penjuru, serta menjadi pelopor adanya tiang gawang. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT