20 July 2021, 19:35 WIB

Latihan Pemain AS Roma Diawasi Drone


Widhoroso | Sepak Bola

METODE kepelatihan Jose Mourinho sering dianggap sudah usang belakangan ini. Namun, di AS Roma, klub yang dibesutnya saat ini, Mourinho membuktikan bahwa anggapan tersebut keliru dengan revolusinya.

Banyak yang menyebut bahwa taktik Mourinho ketinggalan zaman, dengan prestasinya di Manchester United dan Tottenham Hotspur menunjukkan tanda penurunan jika dibandingkan dahulu ketika melatih FC Porto, Chelsea, Real Madrid, dan Inter Milan. Periodenya melatih Spurs bahkan berakhir prematur musim lalu dan merupakan klub pertama yang ia tangani selama lebih dari setahun tanpa memenangkan trofi apa pun sepanjang kariernya.

Terlepas dari berbagai pertanyaan tentang metode kepelatihannya, AS Roma tak ragu untuk menunjukknya sebagai nahkoda mulai musim 2021-2022. Juru taktik berusia 58 tahun itu langsung menerapkan revolusi kepelatihan di ibu kota Italia.

Pelatih asal Portigal itu sekarang memakai pesawat tak berawak alias drone untuk memantau para pemain berlatih dan memasang layar raksasa di tempat latihan Trigoria. Drone akan memungkinkan Mourinho dan staf pelatihnya untuk melihat perkembangan timnya, seperti menunjukkan kesalahan dalam penerapan taktik dan mengevaluasinya langsung kepada para pemain.

Penggunaan teknologi ini mungkin tergolong baru bagi Mourinho, meski bukan yang pertama di dunia sepakbola. Karena sebelumnya, hal tersebut belum pernah dilakukannya semasa melatih Tottenham. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT