07 July 2021, 09:15 WIB

Schmeichel Ejek Inggris Terkait Gelar Piala Eropa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PENJAGA gawang Denmark Kasper Schmeichel mengejek Inggris menjelang laga semifinal Piala Eropa 2020 antara kedua negara dengan mengacu pada slogan the Three Lions, 'Football's coming Home'.

Satu-satunya trofi yang dimenangkan timnas Inggris adalah Piala Dunia 1966 dan anak-anak asuhan Gareth Southgate berpeluang mengakhiri penantian itu pada Piala Eropa kali ini.

Kemenangan atas Denmark di hadapan 60 ribu pendukung yang memadati Stadion Wembley, Kamis (8/7) dini hari WIB, akan mengantarkan Inggris melaju ke final pertama mereka dalam tempo 55 tahun.

Baca juga: Trippier Sebut Inggris Sudah Meningkat Ketimbang Saat Piala Dunia 2018

Sepanjang Piala Eropa 2020, para pendukung Inggris menyanyikan yel-yel 'Football's coming home' yang pertama kali menjadi populer saat the Three Lions mencapai semifinal Piala Eropa 1996.

Ketika ditanya mengenai kesempatan membuyarkan mimpi Inggris menjadi juara Piala Eropa, Schmeichel menjawab, "Benarkah sepak bola akan pulang? Pernahkah kamu menjadi juara Piala Eropa? 1966? Bukankah itu Piala Dunia?"

"Sejujurnya, saya tidak pernah memikirkan apa artinya menghentikan Inggris. Saya hanya memikirkan apa yang bisa saya lakukan untuk Denmark. Saya tidak peduli sama sekali dengan tim Inggris."

"Saya memikirkan apa yang bisa saya lakukan untuk negara saya. Kegembiraan yang akan dialami 5 juta orang di Denmark jika kami menjadi juara. Tidak terlintas sama sekali soal Inggris," imbuhnya.

Inggris merupakan favorit untuk mencapai final.

"Ketika Anda memiliki banyak pemain bintang, harapannya memang selalu tinggi," ujar Schmeichel.

"Namun, saya tahu mereka menghormati kami. Mereka sadar kami akan berjuang mati-matian," lanjutnya.

Denmark menjadi juara Piala Eropa pada 1992 dengan ayah Schmeichel, Peter berada di bawah mistar gawang.

Mereka kembali ke semifinal Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam 29 tahun dan Schmeichel mengatakan, "Ini adalah pertandingan impian. Saya sudah tidak sabar segera bermain." (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT