06 July 2021, 13:24 WIB

Lucas Paqueta Bawa Brasil Ke Final Copa Amerika 2021


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

TIM Nasional (Timnas) Brasil berhasil mengamankan satu tempat di Final Copa Amerika 2021 setelah menang tipis atas Timnas Peru 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Estadio Olimpico Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Selasa, (6/7) pagi WIB.

Lucas Paqueta tampil sebagai pahlawan untuk kemenangan Brasil pada pertandingan kali ini, di mana gol semata wayangnya sukses mengantarkan tim Samba ke babak Final.

"Paqueta adalah pemain hebat, dia menjadi pemain yang berkembang ke arah lebih baik di setiap pertandingan dengan tim nasional," ucap Bintang Brasil Neymar dikutip dari AFP, Selasa, (6/7).

"Dia baru saja menjalani musim yang hebat dengan klubnya dan dia sekarang telah menunjukkan bahwa dia bisa menjadi pemain yang paling penting bagi tim nasional brasil," imbunya.

Dalam pertandingan, Brasil langsung tampil mendominasi pada babak pertama di mana tim asuhan Adenor Leonardo Bacchi itu langsung mengancam gawang Peru pada menit ke-8, memiliki peluang untuk memperoleh gol pembuka sayangnya  sepakan Neymar di dalam kotak penalti masih melebar dari tiang gawang.

Pada menit ke-21, Brasil kembali mengancam melalui tembakan jarak jauh Casemiro, tetapi bola berhasil ditepis kiper Peru Gallese.

Setelah beberapa kali memberikan tekanan pada Peru, Brasil akhirnya mendapatkan gol mereka pada menit ke-35 melalui tembakan jarak dekat Paqueta.

Berawal dari aksi Neymar yang mengacaukan pertahanan Peru, pesepak bola berusia 29 tahun itu memberikan umpan kepada Paqueta untuk kemudian di sepak tajam dengan kaki kiri . Membuat kedudukan 1-0.

Gallese mungkin menjadi salah satu pemain tersibuk di skuad Peru pada pertandingan babak pertama, dengan sebagaian pemain tim asuhan Ricardo Gareca yang bermain kurang bertenaga hampir sepanjang kuarter pertama.

Di babak kedua Peru tampil lebih agresif, yang mana pada menit ke-49 Gianluca Lapadula membuka peluang untuk mencetak gol, sebelum akhirnya kiper Brasil Ederson melakukan penyelamatan bola.

Pada menit ke-61, Peru kembali mengancam gawang, namun sayangnya tendangan Raziel Garcia mampu ditepis kiper Ederson.

Peru terus memberikan gempuran sepanjang babak kedua, namun sayang penyelesaian akhirnyang kurang maksimal membuat mereka gagal mencetak satu gol pun dan harus menyerahkan tiket Final ke Timnas Brasil dengan kedudukan akhir 1-0.

"Kami harus membayar kekalahan itu karena awal yang lambat, kami lambat menyesuaikan diri dengan permainan," kata Pelatih Peru, Gareca.

"Tetapi, Tim bermain dengan baik di babak kedua dan melakukan pertandingan dengan seimbang," jelasnya.

"Kami harus mengakui bahwa kami sedikit bertahan dalam permaianan, mengingat kami telah kebobolan banyak gol melawan Brasil sebelumnya," tukasnya.

Seperti diketahui ini merupakan kemenangan kedua Brasil atas Peru di Copa Amerika musim ini, dengan yang pertama tim samba sukses melibas Peru dengan skor akhir 4-0 di babak penyisihan grup.

Adapun di Final Copa Amerika 2021, Brasil masih harus menunggu tim yang akan menantang mereka, yakni pemenang antara timnas Argentina atau timnas Kolombia. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT