03 July 2021, 13:54 WIB

Neymar : Kami Buktikan, Kami Bisa Maju Meski dalam Kesulitan


Rifaldi Putra Irianto |

TIM Nasional (timnas) Brasil berhasil lolos ke semifinal Copa America 2021, usai menundukan Cile dengan skor 1-0, dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (3/7) pagi WIB.

Gol tunggal Lucas Paqueta pada menit ke-46 sukses membawa tim samba merebut kemenangan, meski harus bermain 10 pemain di sebagian besar babak kedua menyusul kartu merah Gabriel Jesus.

Dalam pertandingan, Cile sukses merepotkan Brasil sejak babak pertama dimulai dan mendominasi permainan hingga memaksa tuan rumah bertahan.

"Kami berhasil mengatasi kesulitan yang dialami tim dan kami membuktikan bahwa kami bisa melaju meski dalam kesulitan," ucap Bintang Brasil Neymar usai pertandingan dilansir dari ESPN, Sabtu, (3/7).

Meski harus bermain dengan 10 pemain, Neymar mengatakan ujian yang kerap dihadapi skuadnya sepanjang Copa America 2021 telah memberikan mereka pembelajaran untuk tampil sebagai tim yang lebih kuat di laga kali ini.

"Setiap hari kami memiliki ujian di sini, itu yang membantu kami untuk memperkuat tim dan hari ini itu membuktikan bahwa kami dapat bermain dengan baik dalam keadaan apapun, bahkan dengan sepuluh pemain," sebut Neymar.

Saat pertandingan memasuki 10 menit pertama, Cile langsung mendapat peluang emas melalui tendangan jarak jauh Sebastian Vargas, tetapi bola masih mengarah tepat ke jangkauan kiper Ederson Moraes

Lima menit berselang, Brasil pun balik mengancam. Kali ini giliran Richarlison yang melakukan percobaan dari jarak jauh, sayangnya Claudio Bravo masih bisa menyelamatkan bola.

Tim tuan rumah nyaris mencetak gol di menit ke-22. Roberto Firmino menyambut umpan silang Neymar dengan tendangan voli yang belum menemui sasaran.

Lima menit kemudian, Cile hampir memecah kebuntuan saat Vargas mengirim bola langsung ke gawang yang dimentahkan oleh Ederson.

Babak pertama tanpa gol

Usai turun minum, Brasil memulai babak kedua dengan baik sebelum akhirnya pemain pengganti Lucas Paqueta membobol gawang Cile di menit ke-48. Menerima bola sodoran Neymar, Paqueta sempat mengecoh bek Cile untuk kemudian berhasil mengetarkan gawang Bravo.

Hanya berselang dua menit setelah gol pertama tercipta, Brasil harus kehilangan Jesus yang mendapatkan kartu merah akibat tendangan tinggi yang keras sehingga mengenai wajah dan bahu Eugenio Mena.

Unggul jumlah pemain, Cile terus menggempur pertahanan Brasil untuk dapat menyamakan kedudukan, namun sialnya hingga pertandingan berakhir Cile tak mampu menyamakan kedudukan. Membawa Brasil mengamankan tiket semifinal Copa Amerika 2021.

"Kami memulai pertandingan dengan baik, kami mencetak gol dan kemudian kami menahan tekanan Cile. Mereka adalah tim yang memiliki pemain bagus dan mereka membuat pertandingan ini menjadi sangat sulit bagi kami," ucap Neymar.

"Cile adalah tim yang hebat, dan pertandingan ini adalah ujian yang hebat. Tapi yang pebting sekarang adalag kami berhasil merebut kemenangan dan melaju ke semifinal," jelasnya.

Atas kemengan itu juara bertahan Brasil, akan kembali menghadapi Timnas Peru di babak semifinal. Dalam perjalananya Peru tampil mengejutkan dengan melibas Paraguay lewat adu penalti setelah menyamakan kedudukan 3-3.

Ini akan menjadi pertandingan kedua Brasil dengan Peru, di mana sebelumnya pemuncak klasemen Grup B (Brasil) dan runner-up klasemen Grup B (Peru) telah bertarung di babak penyisihan Grup, yang mana Brasil sukses merebut kemenangan telak 4-0. (Rif/ESPN/OL-09)

BERITA TERKAIT