26 June 2021, 10:49 WIB

Hadapi Portugal, Belgia tak Ubah Gaya Permainan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH Belgia Roberto Martinez mengatakan tidak akan mengubah gaya permainan mereka untuk pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 melawan juara bertahan Portugal, Senin (28/6) dini hari WIB. Martinez percaya diri Belgia bisa lolos ke perempat final.

Tim peringkat pertama dunia itu melaju ke babak fase grup dengan memenangkan ketiga pertandingan Grup B mereka untuk menjadi yang teratas, sementara Portugal akhirnya lolos dari Grup F di urutan ketiga di belakang Prancis dan Jerman.

Ketajaman Romelu Lukaku ditambah dukungan Kevin De Bruyne yang kembali fit setelah cedera serta Eden Hazard membuat Belgia tidak kekurangan daya serang di fase grup.

"Kami tidak dapat mengubah siapa kami. Kami adalah tim dinamis yang dibangun untuk menyerang dan mencapai gawang lawan secepat mungkin, tetapi kami harus bersabar, " kata Martinez.

"Kami harus membuat keputusan yang tepat kapan harus bersabar dan kapan harus melakukan serangan balik," lanjutnya.

Belgia sekarang tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir mereka dan pasti akan menyukai peluang mereka untuk memperebutkan trofi di Euro 2020.

Baca juga: Belgia Melaju ke 16 Besar dengan Poin Sempurna

Pekerjaan mereka harus diselesaikan untuk mencapai final 11 Juli di Wembley dengan kemungkinan lawan seperti Italia, Prancis atau Spanyol di dua putaran berikutnya jika mereka mengalahkan Portugal.

"Kami penuh percaya diri. Ketika kami menikmati sepak bola kami, kami bermain sebaik mungkin,” ucap Martinez.

Kewaspadaan atas Ronaldo patut diperlihatkan semua tim yang menghadapi Portugal, mengingat megabintang berusia 36 tahun itu saat ini merupakan top skor Euro 2020 dengan koleksi lima gol. Namun, Martinez menegaskan tak menyiapkan strategi khusus untuk mematikan pemain Juventus itu.

“Saya pikir kami harus bertahan dengan sangat, sangat baik. Cara mereka bermain, mereka memiliki banyak ancaman. Anda harus selalu waspada terhadap Ronaldo, tetapi Anda harus melawan 10 pemain lainnya dengan cara yang sama,” kata Martinez.

Sementara itu, Pelatih timnas Portugal Fernando Santos memastikan dirinya tidak takut menghadapi kesempurnaan timnas Belgia di fase grup.

"Kami adalah kandidat juara. Timnas Portugal bisa mengalahkan semua tim. Saya yakin saat ini tidak ada satupun tim yang berpikir bisa dengan mudah mengalahkan Portugal," kata Fernando Santos.

Santos mengatakan mereka tetap memiliki kelemahan dan itu terlihat di laga melawan Denmark, dimana Belgia menang 2-1, tapi harus kalah 1-0 di babak pertama.

“Saya tidak akan membicarakan kelemahan mereka sekarang karena saya tidak ingin mereka tahu apa yang saya pikirkan. Tapi ada hal-hal yang bisa kita jelajahi. Pertandingan melawan Denmark menunjukkan beberapa kelemahan mereka,” ucap Santos.(AFP/Rmcsport/OL-5)

BERITA TERKAIT