24 June 2021, 04:13 WIB

Ronaldo Cetak Gol Internasional ke-109 untuk Rekor yang Sama


mediaindonesia.com | Sepak Bola

CRISTIANO Ronaldo cetak golnya yang ke-109 untuk Portugal dalam pertandingan Euro 2020 Kamis (24/6) dini hari WIB saat lawan Prancis untuk menyamai rekor internasional sepanjang masa mantan striker Iran Ali Daei.

Ronaldo yang berusia 36 tahun, pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa, mengonversi penalti keduanya dalam pertandingan di Budapest untuk menyamai rekor penampilan internasionalnya yang ke-178.

Ronaldo adalah pemain pertama yang tampil di lima edisi turnamen dan telah mencetak lima gol dalam tiga pertandingan Grup F.

Striker Juventus ini telah mencetak 14 gol Kejuaraan Eropa, lima lebih banyak dari pemain hebat Prancis Michel Platini, yang mencetak sembilan gol ketika ia memimpin Prancis meraih kemenangan pada 1984.

Baca juga : Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa di Piala Eropa

Ronaldo mencetak gol internasional pertamanya dalam kekalahan 2-1 dari Yunani pada pertandingan pembukaan Euro 2004 di Portugal, di mana tuan rumah kemudian kalah dari Yunani 1-0 di final.

Seperti diketahui Daei, yang dijuluki 'Shariar' (Raja dalam bahasa Persia), mencetak 109 gol yang luar biasa dalam 149 penampilan untuk Iran antara 1993 dan 2006, sebuah pencapaian yang menurut banyak orang tidak akan pernah bisa ditandingi.

Daei telah mengatakan, senang jika Ronaldo memecahkan rekornya, karena dia yakin striker Juventus itu termasuk di antara tiga pemain terbaik dalam sejarah, bersama Lionel Messi dan Diego Maradona.

"Rekor dibuat untuk dipecahkan," kata Daei kepada kantor berita Khabar Online pada tahun 2018.

"Ronaldo benar-benar memiliki kualitas untuk melakukannya. Saya sangat menghormatinya. Dia adalah pemain hebat sehingga bahkan tidak perlu menyanyikan pujian untuknya,’’ pungkasnya. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT