24 June 2021, 01:59 WIB

Sane Gantikan Mueller untuk Jerman Melawan Hungaria


mediaindonesia.com | Sepak Bola

LEROY Sane akan menjadi starter untuk Jerman dalam pertandingan Euro 2020 melawan Hungaria di Munich, Kamis (24/6) dini hari WIB, menggantikan Thomas Mueller yang absen karena cedera lutut.

Jika hasil imbang di Munich akan mengamankan tempat Jerman di babak 16 besar sementara Hungaria, yang berada di dasar grup, membutuhkan kemenangan untuk menghindari eliminasi.

Mueller terluka dalam kemenangan 4-2 Sabtu atas juara bertahan Portugal, yang memberikan semangat bagi Jerman untuk kembali menjuarai liga Eropa.

Pasukan Joachim Loew duduk di urutan kedua dalam tabel Grup F di belakang Prancis. Sane adalah satu-satunya perubahan dalam susunan pemain Jerman saat pemain berusia 25 tahun itu memulai turnamen untuk pertama kalinya.

Loew tadinya diperkirakan menunjuk gelandang Leon Goretzka untuk Mueller, tetapi malah memilih kecepatan Sane di sayap.

Sedangkan bek kiri Robin Gosens, man-of-the-match melawan Portugal dengan satu gol dan dua assist, serta bek tengah Mats Hummels dan gelandang Ilkay Gundogan, semuanya telah pulih dari cedera.

Pelatih Hungaria Marco Rossi telah menunjuk starting line-up yang sama yang meraih hasil imbang 1-1 dengan juara dunia Prancis Sabtu lalu di Budapest.

Sementara itu, ketegangan meningkat di luar lapangan setelah kota Munich ditolak izinnya oleh UEFA untuk menyalakan Allianz Arena dengan warna pelangi sebagai solidaritas dengan komunitas LGBTIQ Hungaria.

Baca juga : Swedia Juarai Grup E Lewat Gol Dramatis Claesson Atasi Polandia

UEFA dan pemerintah Hungaria sama-sama mendapat kecaman setelah undang-undang anti-LGBTIQ Budapest yang baru dan penolakan badan sepak bola untuk menyalakan stadion Munich.

UEFA membela keputusannya tetapi menambahkan pelangi ke logonya, sementara Budapest memuji badan pengatur karena mengambil sikap terhadap apa yang dilihatnya sebagai "provokasi" politik. Kapten Jerman Manuel Neuer akan mengenakan ban kapten berwarna pelangi.

Line-up awal:

Jerman (3-4-3)

Manuel Neuer (kapten); Matthias Ginter, Mats Hummels, Antonio Ruediger; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan, Toni Kroos, Robin Gosens; Kai Havertz, Serge Gnabry, Leroy Sane

Pelatih: Joachim Loew (GER)

Hungaria (3-5-2)

Peter Gulacsi; Attila Szalai, Willi Orban, Endre Botka; Attila Fiola, Andras Schafer, Adam Nagy, Laszlo Kleinheisler, Loic Nego; Roland Sallai, Adam Szalai (kapt)

Coach: Marco Rossi (ITA) (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT