23 June 2021, 10:54 WIB

Deschamps Abaikan Hitung-Hitungan Peluang


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH timnas Prancis Didier Deschamps menegaskan timnya tidak mempedulikan hitungan matematika mengenai peluang juara Piala Dunia itu mengamankan posisi juara Grup F Piala Eropa jika bisa mengalahkan Portugal, Rabu (23/6).

Les Bleus, saat ini memuncaki klasemen Grup F dengan raihan empat poin dari dua laga dan telah dipastikan lolos ke 16 besar apa pun hasil melawan juara bertahan Portugal di Budapest.

Jerman dan Portugal sama-sama mengantongi tiga poin dengan Hongaria dipastikan tersingkir setelah bermain imbang 1-1 melawan Prancis, akhir pekan lalu.

Baca juga: Inggris tak Gentar Hadapi Tim Grup Neraka

"Kami telah dipastikan lolos dan itu membuat kami sedikit tenang. Berdasarkan pengalaman, saya menolak terpaku dengan matematika dan memilih menghormati permainan," ujar Deschamps.

"Kami memasuki pertandingan dengan tekad meraih hasil yang terbaik karena hasil pertandingan juga bisa mempengaruhi tim lain," lanjutnya.

Prancis, yang tidak terkalahkan di laga resmi sejak kalah dari Turki, Juni 2019 lalu, akan berhadapan dengan Swiss atau Ukraina di babak 16 besar.

Deschamps menegaskan dirinya mewaspadai Cristiano Ronaldo, yang telah mencetak tiga gol di dua laga Piala Eropa dan menjadi pencetak gol teranyak sepanjang sejarah Piala Eropa.

"Kami tahu Portugal sangat mengandalkan gol dari Cristiano Ronaldo. Dia sangat menentukan di dua laga pertama dan kami harus berusaha mengurangi pengaruhnya," kata Deschamps.

Ronaldo tidak pernah mencetak gol ke gawang Prancis di enam pertemuan dan Portugal belum memastikan diri lolos ke 16 besar setelah kalah 4-2 dari Jerman. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT