21 June 2021, 12:15 WIB

Italia tidak Terkalahkan di 30 Laga, Mancini Tolak Jemawa


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KEMENANGAN Italia atas Wales di pertandingan ketiga Piala Eropa 2020, Minggu (20/6) malam WIB, membawa Gli Azzuri mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 30 laga beruntun.

Raihan itu membuat Roberto Mancini menyamai catatan pelatih legendaris Italia Vittorio Pozzo yang sebelumnya membawa Azzurri tidak terkalahkan di 30 laga berturut-turut antara 1935 dan 1939 silam.

Bermain di Stadio Olimpico, Roma, Italia berhasil mengalahkan Wales dengan skor 1-0 lewat gol Matteo Pessina pada menit ke-39.

Baca juga: Belum Cetak Gol, Benzema Dibela Griezmann

Dengan hasil tersebut, Gli Azzurri berhak menduduki puncak klasemen Grup A dengan nilai sempurna, 9 poin dari tiga pertandingan. Italia lolos ke babak 16 besar dengan status jawara grup.

"Setiap tim di babak 16 besar bisa memenangkan Piala Eropa. Tentunya kami tidak boleh memikirkan bahwa kami bisa memenangkan setiap laga atau meremehkan segala sesuatunya," kata Mancini.

“Kami tidak bisa lebih baik. Mungkin kami bisa mencetak lebih banyak gol namun cuacanya sangat panas dan pertandingannya sangat mengandalkan fisik," ujarnya.

Mancini menjadikan laga versus Wales sebagai ajang untuk Marco Veratti menjadi starter.

Pelatih berusia 56 tahun tersebut senang timnya tetap tampil efektif meski ia memberlakukan rotasi pemain. Mancini juga mengistirahatkan Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile dan memberi kesempatan main kepada Federico Chiesa dan Andrea Belotti.

"Semua pemain di skuad membuktikan mereka layak menjadi pemain inti. Hari ini kami tidak harus menang, tetapi Italia tetap berjuang. Hal ini sangat penting,” kata Mancini.  (Goal/OL-1)

BERITA TERKAIT