21 June 2021, 11:37 WIB

Norwegia Putuskan tidak Boikot Piala Dunia Qatar


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

KOMUNITAS sepak bola Norwegia, Minggu (20/6), memilih untuk tidak memboikot Piala Dunia 2022 di Qatar meski ada tekanan dari kelompok akar rumput untuk melakukannya akibat pelanggaran HAM terhadap tenaga kerja migran di negara Teluk itu.

Dalam kongres luar biasa yang digelar Federasi Sepak Bola Norwegia (NFF), sebanyak 368 delegasi sepakat menolak aksi boikot sementara yang mendukung berjumlah 121 delegasi.

Norwegia, saat ini, menduduki peringkat empat di klasemen grup penyisihan Piala Dunia zona Eropa.

Baca juga: CAF Berminat Adopsi Liga Super di Afrika

Jadi, meski meraih tiket ke Piala Dunia tampaknya berat, hasil voting itu bisa memengaruhi apakah Norwegia akan melanjutkan kiprah mereka di laga kualifikasi Piala Dunia.

Seruan untuk memboikot Piala Dunia diserukan oleh klub Tromso IL yang mengecam pelanggaran HAM di Qatar, Februari lalu.

"Kita tidak bisa diam saja dan melihat ada korban tewas atas nama sepak bola," ungkap klub Divisi I Liga Norwegia itu.

Qatar tengah menghadapi kritik atas perlakuan mereka terhadap pekerja migran, mayoritas terlibat dalam pembangunan stadion dan infrastruktur untuk Piala Dunia 2022.

Aktivis HAM menuding negara itu melakukan eksplotasi dan memaksa para pekerja migran bekerja dalam kondisi yang berbahaya.

Adapun pemerintah Qatar bersikeras mereka telah bekerja paling keras untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja dibandingkan negara lain di kawasan Teluk. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT