21 June 2021, 11:26 WIB

Foden Bela Southgate


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PHIL Foden membela Gareth Southgate setelah manajer timnas Inggris itu dikritik karena penampilan buruk the Three Lions di ajang Piala Eropa 2020.

Pemilihan pemain dan taktik Southgate menjadi sorotan setelah Inggris hanya mampu mencetak satu gol di dua laga Piala Eropa.

Hasil imbang 0-0 melawan Skotlandia di Stadion Wembley, Jumat (18/6), membuat para pemain Inggris dicemooh oleh para pendukung mereka sendiri saat meninggalkan lapangan.

Baca juga: Meski belum 100%, Hazard Siap Jadi Starter Lawan Finlandia

Dalam laga itu, The Three Lions hanya mampu melepaskan tiga tendangan ke arah gawang sehingga Southgate dituding gagal memanfaatkan bakat hebat yang ada di timnas Inggris.

Meski begitu, Inggris akan berhadapan dengan Rep Ceko dalam laga Grup D Piala Eropa, Selasa (22/6), dengan pengetahuan kemenangan akan memastikan mereka menjadi juara grup.

Foden pun bersikeras Southgate tidak punya alasan untuk mendegarkan mereka yang meragukan kemampuannya.

"Dia adalah pelatih hebat. Bekerja dengannya setiap hari membuat Anda bisa melihat dia sebenarnya," ujar Foden kepada talkSport.

"Dia selalu mendukung para pemain dan saya yakin taktiknya hebat meski ada komentar negatif."

"Saya percaya pada rekan setim saya. Saya selalu bersama mereka setiap hari dan bisa melihat kreativitas mereka."

"Saya yakin kami bisa berbicara banyak di laga berikutnya. Jadi, saya sama sekali tidak khawatir," imbuh gelandang Manchester City itu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT