21 June 2021, 11:15 WIB

Presiden Barcelona Optimistis Proyek Liga Super Masih Hidup


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PRESIDEN Barcelona Joan Laporta, Senin (21/6), bersikeras bahwa proyek kontroversial Liga Super Eropa masih hidup meski mendapat kecaman dari berbagai pihak.

"Proyek ini masih hidup," tegas Laporta dalam pertemuan dengan anggota klub Barcelona sembari menegaskan Liga Super Eropa akan menyediakan pemasukan minimal sebesar 700 uta euro per musim bagi Barcelona.

Meski mendapat tentangan dari UEFA, pendukung, dan klub rival, Laporta bersikeras Liga Super Eropa akan menghasilkan ketahanan finansial bagi klub dan menciptakan kompetisi yang lebih menarik.

Baca juga: Rayo Vallecano Raih Promosi ke La Liga

"Jangan memaksa kami meminta maaf karena berpikir atau membentuk kompetisi atau karena ingin mengendalikan nasib sendiri di dunia sepak bola," ungkap Laporta.

Laporta kemudian menuding UEFA melakukan monopoli.

Barcelona, Real Madrid, dan Juventus merupakan tiga klub yang tersisa dalam proyek Liga Super Eropa setelah sembilan klub lainnya mundur setelah mendapatkan tentangan dari pendukung, pemain, dan asosiasi sepak bola.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menolak menghapuskan kemungkinan sanksi disiplin bagi ketiga klub pencetus Liga Super Eropa dengan mengatakan ketiga klub itu telah kalah dalam perang moral.

Saat ini, UEFA membekukan langkah hukum kepada tiga klub itu hingga pemberitahuan selanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT