21 June 2021, 10:18 WIB

Gilmour akan Jadi Andalan Skotlandia Kontra Kroasia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SETELAH penantian 23 tahun untuk tampil di turnamen akbar, Skotlandia berpeluang kembali mencetak sejarah jika bisa mengalahkan Kroasia di Hampden, Rabu (23/6) dini hari WIB, dan melaju ke babak sistem gugur Piala Eropa untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Hasil imbang 0-0 melawan Inggris di Stadion Wembley mengembalikan kepercayaan di skuat Sktolandia yang terguncang setelah the Tartan Army kalah 2-0 dari Rep Ceko di laga pembuka.

Kemenangan atas Kroasia, yang merupakan finalis Piala Dunia, akan cukup untuk memastikan Skotlandia melaju ke babak 16 besar, baik sebagai runner-up grup atau peringkat tiga terbaik.

Baca juga: Denmark Tegaskan Tekad Kalahkan Rusia

Keputusan Steve Clarke untuk menurunkan gelandang Chelsea Billy Gilmour sebagai starter untuk pertama kali bersama Skotlandia terpukti jitu setelah pemain tengah berusia 20 tahun itu mengungguli para bintang Liga Primer Inggris yang ada di lini tengah Inggris. Bahkan, Gilmour dinobatkan sebagai man of the match dalam laga di Stadion Wembley itu.

Dengan tinggi 1,7 meter, Gilmour menggunakan kecepatan pikiran dan kakinya untuk menjadi bintang, baik di klub maupun timnas.

"Skotlandia telah menemukan playmaker yang bisa menjadi inti permainan mereka selama satu dekade ke depan," ungkap mantan kapten Skotlandia Graeme Souness dalam artikel di The Times. "Dia adalah seorang pesepak bola yang mampu mengendalikan bola dan tidak mudah kehilangan kendali." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT