18 June 2021, 14:38 WIB

La Roja Buka Peluang Lolos 16 Besar Euro 2020


Akmal Fauzi | Sepak Bola

SPANYOL bertekad mendulang tiga poin penting ketika mereka memainkan pertandingan kedua melawan Polandia pada Minggu (20/6) dini hari WIB. La Roja belum membuat awal terbaik setelah mereka ditahan imbang 0-0 oleh Swedia.

Pelatih Luis Enrique harus memutar otak agar bisa lolos 16 besar. Meskipun secara tim masih lebih baik, mereka wajib mewaspadai Polandia yang dimotori bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Spanyol tidak dapat dipastikan masuk dua besar atau tersingkir setelah pertandingan di laga nanti. Namun, kemenangan atas Polandia akan menempatkan mereka di posisi aman menuju pertandingan terakhir mereka melawan Slovakia berbakat pada 23 Juni.

La Roja sedang berusaha untuk menjadi jawara Eropa untuk keempat kali yang akan membuat mereka menjadi tim paling sukses dalam sejarah kompetisi. Mereka telah memiliki tiga trofi yang sama dengan Jerman, setelah menang di turnamen edisi 1964, 2008, dan 2012.

Pelatih Spanyol Luis Enrique mengaku tidak akan mengubah taktik saat melawan Polandia meski banyak mendapat kritikan karena minum peluang di laga pertama. Satu-satunya perubahan yang dia akan minta dari para pemainnya yakni lebih bisa memaksimalkan peluang di depan gawang. "Kami mencoba bermain dengan cara yang sama di setiap pertandingan," kata Luis Enrique.

Alvaro Morata yang dimainkan sebagai penyerang utama pun mendapatkan banyak kritik. Pemain yang kini membela Juventus itu melewatkan banyak peluang emas. Salah satunya ialah ketika menerima umpan matang Jordi Alba. Morata melepas tiga tembakan pada duel lawan Swedia, tetapi tidak ada yang mengarah ke gawang.

 
 

Polandia tampil buruk di laga pembuka kemarin akan menjadi pembelajaran bagi Paulo Sousa selaku pelatih di laga kontra Spanyol. "Kami tahu cara bermain, apa yang harus dilakukan untuk menang. Saya yakin ini akan menjadi momen terobosan bagi kami," kata bek Polandia, Jan Bednarek. (Sportsmole/UEFA/OL-14)

BERITA TERKAIT