17 June 2021, 05:36 WIB

UEFA Tolak Protes Yunani Terkait Jersey Makedonia Utara


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

UEFA, Rabu (16/6), menolak permintaan Yunani agar memerintahkan Makedonia Utara mengganti jersey yang mereka gunakan di Piala Eropa 2020. Yunani memandang jersey yang digunakan Makedonia Utara melanggar kesepakatan damai antara kedua negara tetangga itu.

Yunani mengatakan inisial FFM (Federasi Sepak Bola Makedonia) yang ada di jersey Makedonia Utara mengacu pada nama negara itu sebelum kesepakatan damai pada 2018 mengakhiri perselisihan antara kedua negara Balkan itu.

UEFA mengonfirmasi mereka menerima surat protes dari pemerintah Yunani terkait jersey Makedonia Utara itu.

Baca juga: Locatelli Antarkan Italia ke 16 Besar Euro 2020

Meski begitu, Asosisasu Sepak Bola Eropa itu mengatakan telah menolak permintaan Yunani itu karena, "UEFA menggunakan nama Federasi Sepak Bola Makedonia Utara di semua komunikasi resmi dan mengadopsi terminologi itu dengan tepat, termasuk dalam statuta UEFA dan selama Piala Eropa 2020."

Sebelumnya, Makedonia Utara bertanding dengan nama Republik Makedonia Pecahan Republik Yugoslavia (FYROM) untuk terhindar dari kemarahan Yunani, yang menolak menerima nama Makedonia karena memiliki provinsi dengan nama yang sama.

Sebelumnya, UEFA harus turun tangan, menjelang Piala Eropa, dan memerintahkan Ukraina mencabut sebuah slogan di jersey mereka karena memancing kemarahan Rusia.

Rusia marah karena slogan 'Glory to the Heroes' kerap digunakan dalam demonstrasi pro-Barat saat menggulingkan pemimpin Ukraina yang pro-Kremlin pada 2014. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT