16 June 2021, 21:40 WIB

Ukraina dan Makedonia Utara Pantang Ulangi Hasil Minor


Akmal Fauzi | Sepak Bola

UKRAINA dan Makedonia Utara akan mencoba peruntungan saat keduanya bertemu di National Stadium, Bucharest, Rumania, Kamis (17/6) malam WIB. Kedua tim sama-sama mendapatkan hasil minor di pertandingan pertama Euro 2021.

Skuad asuhan Andriy Shevchenko kalah dramatis 3-2 dari Belanda di Amsterdam. Sedangkan Makedonia Utara disikat Austria dengan skor 1-3.

Meski kalah di pertandingan pertama, Ukraina mampu mengimbangi permainan Belanda di babak kedua. Dua gol diciptakan di saat minim peluang yang didapatkan. Mereka hanya memiliki 39% penguasaan bola saat menghadapi pasukan Frank de Boer.

Ukraina secara khusus mewaspadai sistem permainan yang diusung tim asuhan Igor Angelovski. Makedonia Utara menerapkan skema 5-3-2 yang juga bisa berubah menjadi 3-5-2.

Kedua bek sayap mereka yakni Boban Nikolov dan Ezgjan Alioski bermain impresif dan total melepaskan 3 tembakan atau hampir 50% dari total tembakan tim.

"Mereka memiliki semangat tim yang bagus dan mereka berjuang keras. Ini akan menjadi salah satu pertandingan terberat bagi tim kami. Kami hanya harus fokus pada permainan kami, menghormati lawan, dan menjadi agresif,” kata striker Ukraina, Roman Yaremchuk.

Sementara, permainan agresif sisi sayap Makedonia Utara juga disadadi meninggalkan lubang bagi mereka. Ketiga gol Austria yang tercipta terjadi bermula dari lubang di bek sayap.

Perbaikan tentunya juga harus dilakukan Angelovski jelang laga nanti. Para pemain tentunya tak ingin hanya bermain 3 kali di turnamen ini. Untuk itu, kemenangan dengan dibantu strategi yang tepat harus dilakukan kala menghadapi Ukraina.

”Kami harus tetap berusaha. Selama peluang itu masih ada, sekecil apapun, kami tidak boleh menyerah. Kami harus menang untuk memberikan kebahagiaan pada fans kami,” ucap bek Makedonia Utara, Kire Ristevski. (UEFA/OL-8)

 

BERITA TERKAIT