14 June 2021, 12:22 WIB

Di Laga Pembuka Copa America, Brasil Bungkam Venezuela


Ilham Ananditya | Sepak Bola

BINTANG timnas Brasil Neymar tampil gemilang di laga pembuka Grup A Copa America 2021. Pemain klub PSG beberapa kali mencipta peluang namun gagal menjebol gawang Venezuela.

Namun Neymar sukses menyumbang satu gol melalui titik pinalti pada menit ke-64.

Brasil meraih poin dengan mengalahkan Venezuela dengan skor 3-0.

Dua gol tim Samba lainnya disumbang Marquinhos pada menit ke-63 dan Grabriel Barbosa pada menit ke-89.

Kendati gagal menjebol gawang Brasil, skuad Venezuela beberapa kali mengancam gawang Brasil yang dijaga Alisson.    

Brasil sudah menyerang sejak awal permainan dan menciptakan sejumlah peluang di babak pembukaan.

Richarlison dan der Militão nyaris mencetak gol sebelum bek Marquinhos memberi 'Seleção' (julukan bagi Tim Nasional Brasil) keunggulan pada menit ke-23 dalam gol ketiganya untuk Brasil dari sepak pojok.

Sebagian besar permainan Brasil pasti melewati umpan Neymar, yang menciptakan beberapa peluang nyata untuk rekan setimnya Richarlison.

Duo ini bergabung pada menit ke-26 setelah umpan Neymar yang sempurna, tetapi dinyatakan offside.

Pasangan ini terus bekerja sama secara efektif ketika Neymar memainkan operan lain yang membelah pertahanan ke Richarlison setelah turun minum . Namun striker Everton itu tidak bisa memanfaatkannya.

'La Vinotinto' masih tampak tajam dalam serangan balik, terkadang memotong permainan bola dari Brasil di lini tengah.

Mereka juga berusaha menciptakan keunggulan di sepertiga akhir.

Fernando Aristeguieta melakukan peluang mencetak poin yang paling dekat dengan tim lawan dengan sundulan jinak yang dilakukan Alisson sebelum akhir babak pertama.

Venezuela sudah tampak lelah di babak kedua yang berjuang keras untuk mendapatkan bola.

Penyerang Venezuala, Aristeguieta yang sering terjebak dan dikelilingi pemain Brasil setiap kali mereka mencoba untuk meluncurkan serangan balik.

Keputusan wasit untuk memberikan tembakan penalti bagi timnas Brasil sebelumnya juga menggunakan teknologi VAR kemudian diberikan keputusan bagi tim Brasil.

Kedua tim sama-sama mendapatkan kartu kuning kedua mereka karena berjuang keras mendapatkan pola permainan mereka.

Brasil menguasai pertandingan di penghujung laga dan menambahi gol ketiga ketika Neymar mengecoh Joel Graterol dan mengoper ke Gabriel Barbosa kemudian memasukkan bola ke gawang.

Tambahan dua angka oleh Timnas Brasil dikumpulkan di babak kedua dengan masing-masing babak diberikan tambahan waktu tiga menit oleh wasit. Dan skor akhir menunjukkan 3-0 poin penuh bagi timnas Brasil.

Tuan rumah mencatat kemenangan kedelapan berturut-turut tanpa kebobolan di semua kompetisi saat mereka mengendalikan pertandingan sejak awal.

Neymar telah memberikan momen berkualitas kelas dunia tampil di Estádio Nacional de Brasília untuk mengamankan hasil tersebut. (And/OL-09))

BERITA TERKAIT