13 June 2021, 16:37 WIB

Saat Nonton Laga Euro 2020, Suporter Wales Dilarang Buat Keriuhan


Rifaldi Putra Irianto |

BERBEDA dari lima tahun lalu, para penggemar tim nasional Wales biasanya bersorak riuh saat tim kebanggaanya mencetak gol dalam pertandingan Piala Eropa 2016.

Dalam pertandingan perdana Wales di Euro 2020, saat timnas Wales menghadapi Swiss, Sabtu, (12/6), justru para pendukung Wales di pub dan ruang publik lainnya di seputar Wales terlihat lebih kondusif dan tenang.

Hal itu bukan disebabkan para suporter tak bangga dengan timnas Wales. Akan tetapi, pemerintah Wales telah mengeluarkan larangan untuk tidak bernyanyi atau membuat kebisingan saat Piala Eropa berlangsung.

Ternyata larangan itu terkait masih tingginya kasus pandemi Covid-19 di Wales untuk menghindari kerumunan.  

Larangan itu telah dikeluarkan pemerintah Wakes dalam 'Panduan Berwisata' untuk warga mereka yang telah dipublikasikan dalam situs resmi pemerintah.

Selain dilarang bernyanyi dan membuat kebisingan, para pelayan pub di Wales juga diwajibkan mengenakan masker.

Orang-orang yang menyaksikan pertandingan Piala Eropa di pub-pub atau ruang publik lainnya diwajibkan menjaga jarak sosial termasuk tidak boleh berpelukan saat merayakan kemenangan.

Dengan adanya larangan itu, salah seorang penggemar timnas Wales lebih memilih menghias rumahnya dengan pernak-pernik tim kebangganya itu, dan memilih menonton pertandingan di rumah ketimbang pergi ke pub.

"Tidak mungkin rasanya anda pergi ke pub dan menonton Wales tanpa menyanyikan lagu kebangsaan, itu peraturan yang sangat asing bagi saya," kata penggemar, Thomas, dikutip dari BBC, Minggu, (13/6).

"Saya tidak bisa melakukan itu, jika Wales mencetak gol, bagaimana bisa anda tidak bernyanyi, berteriak, dan memeluk rekan anda saya tidak bisa membayangkannya," imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam penyelenggaraan Euro 2020 Timnas Wales tergabung dalam Grup A yang mana mereka akan bersaing dengan Italia, Swiss, dan Turki.

Dalam pertanding perdana Wales di Grup A, skuad Gareth Bale itu bermain imbang saat melawan Swiss dengan skor 1-1.

Kieffer Moore tampil sebagai penyelamat tim dengan mencetak gol pada menit ke-74, setelah sebelumnya tertinggal 0-1 atas Swiss. (Rif/BBC/OL-09)

BERITA TERKAIT