12 June 2021, 18:37 WIB

Australia Kokoh di Puncak Grup C pada Kualifikasi Piala Dunia 2022


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

TIM Nasional (Timnas) Australia melaju ke fase ketiga yang merupakan fase terakhir pada kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2022, setelah memetik kemenangan 3-0 atas Nepal, Jumat, (11/6) waktu setempat.

Kemenangan itu membuat Australia semakin nyaman di Puncak Grup B, dengan menyisahkan satu pertandingan tersisa melawan Yordania pada hari Rabu, (16/6) WIB.

Socceroos julukan untuk timnas Australia, kini merupakan favorit untuk keluar sebagai pemuncak Grup B.

Tim 'Negeri Kanguru' telah mengumpulkan 21 poin dalam tujuh laga tak terkalahkan dan terpaut jauh dari timnas Yordania yang menempati posisi kedua), dan Kuwait posisi ketiga.

Dalam laga menghadapi Nepal, Mathew Leckie memberi Australia keunggulan pada menit keenam lewat sebuah sundulan setelah menerima umpan lambung menyilang dari Aziz Behich.

Memasuki menit ke-38 kini giliran Fran Karacici yang mencetak gol untuk Australia, pemain kelahiran Kroasia itu berhasil mengasak gawang lawan setelah menerima umpan dari Leckie. Membawa Australia unggul 2-0 dan kedudukan itu bertahan hingga turun minum.

Setelah turun minum, kekuatan Australia pun semakin tak terbendung saat Martin Boyle berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-57.

Namun hingga menit terakhir,  keungulan Australia 3-0 atas Nepal tetap bertahan.

Di laga lainnya, timnas Iran juga tampil luar biasa dalam pertarungan melawan Kamboja di Group C yang mana mereka meraih kemenangan dengan skor 10-0.

Kaveh Rezaei mencetak dua gol untuk Iran di babak kedua sementara delapan pemain Iran lainnya masing-masing mencetak satu gol dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Bahrain itu.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kelima Iran dari tujuh pertandingan, membuat mereka menduduki posisi kedua di Grup C dengan perolehan 15 poin.

Sementara itu, timnas Arab Saudi kini hanya berjarak satu poin untuk keluar sebagai pemuncak Grup D setelah meraih kemenangan 3-0 atas Singapura, dengan semua gol tercipta di penghujung babak kedua.

Singapura tampil kuat pada hampir sepanjang pertandingan, membuat Arab Saudi kesulitan mendobrak pertahanan mereka.

Namun pada menit ke-83, pemain Saudi, Salem al-Dawsari, berhasil memecah kebuntuan melalu tembakkan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Tiga menit kemudian, Fahad al-Muwallad mengubah skor menjadi 2-0 sebelum akhirnya Sahel al-Shehri menyelesaika aga dengan tembakan mendatar pada menit keenam perpanjang waktu membawa Arab Saudi merebut kemenangan 3-0. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT