10 June 2021, 10:02 WIB

Mastercard dan Ambev Batal Sponsori Copa America


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MASTERCARD dan produsen bir Ambev, dua sponsor Copa America, Rabu (9/6), mengatakan mereka menarik diri dar turnamen sepak bola itu setelah penyelenggaraan turnamen itu terancam pandemi covid-19 dan dilarang pengadilan.

Itu merupakan tanda bahaya kedua bagi kejuaraan sepak bola Amerika Selatan, yang dijadwalkan dimulai pada Minggu (13/6) di Brasil, negara penyelenggara baru setelah Argentina dan Kolombia dibatalkan sebagai tuan rumah, meski kasus covid-19 di 'Negeri Samba' itu masih tinggi.

"Setelah melakukan analisa mendalam, kami memutuskan untuk tidak lagi menjadi sponsor Copa America di Brasil," ujar Mastercard dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Tite Umumkan Skuat Brasil untuk Copa America

Keputusan itu berarti logo penyedia kartu kredit asal Amerika Serikat (AS) itu tidak akan lagi terlihat di dalam stadion maupun mater promosi lainnya di Brasil.

Juru bicara Mastercard mengatakan ini merupakan kali pertama mereka menarik diri dari Copa America sejak menjadi sponsor turnamen itu pada 1992.

Ambev, produsen bir terlaris di Brasil, mengikuti jejak Mastercard dengan mengatakan produk mereka tidak akan hadir di penyelenggaraan Copa America.

Namun, perusahaan yang merupakan bagian dari perusahaan minuman raksasa dunia AB InBev mengatakan akan tetap mendukung sepak bola di Brasil.

Penyelenggara tengah berusaha keras tetap menggelar Copa America, turnamen sepak bola tertua di dunia.

Setelah tertunda selama 12 bulan karena pandemi covid-19, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), harus mencari pengganti darurat setelah Argentina dan Kolombia dianggap tidak siap menjadi tuan rumah.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, pekan lalu, mengizinkan negaranya menjadi tuan rumah Copa America.

Namun, keputusan itu menuai kontroversi mengingat Brasil juga masih terhantam pandemi covid-19 dengan lebih dari 475 ribu kematian, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

Mahkamah Agung Brasil, Kamis (10/6), dijadwalkan memutuskan terkait dua gugatan yang menginginkan Copa America tidak digelar di negara itu.

Gugatan yang diajukan oleh partai oposisi dan serikat pekerja metal menyebut Copa America berpeluang meningkatkan penyebaran covid-19 dan melanggar hak warga Brasil untuk hidup sehat. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT