10 June 2021, 06:35 WIB

Klub Inggris Pendiri Liga Super Eropa Sepakati Jumlah Denda


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ENAM klub Inggris yang ambil bagian dalam pendirian Liga Super Eropa telah menyepakati denda dari otoritas Liga Primer Inggris sebesar total 22 juta pound sterling. Hal itu diungkapkan Liga Primer Inggris, Rabu (9/6).

Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur mengumumkan mereka ambil bagian dalam pendirian kompetisi saingan Liga Champions itu pada April namun proyek itu langsung batal karena mendapatkan perlawanan dari banyak pihak.

"Keenam klub yang terlibat dalam pembentukan Liga Super Eropa, hari ini, kembali mengakui bahwa aksi mereka salah dan menegaskan kembali komitmen mereka pada Liga Primer Inggris dan masa depan sepak bola Inggris," ungkap Liga Primer Inggris dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: UEFA Hentikan Langkah Hukum Terhadap Pencetus Liga Super

"Mereka meminta maaf kepada para pendukung, klub lain, Liga Primer Inggris, dan Asosiasi Sepak Bola Inggris."

"Sebagai itikad baik, keenam klub sepakat memberi kontribusi sebesar 22 juta pound sterling untuk kebaikan sepak bola termasuk dukungan bagi para pendukung, sepak bola akar rumput, dan program komunitas," imbuh Liga Primer Inggris.

Keenam klub itu juga sepakat mendukung perubahan aturan yang akan membuat aksi serupa di masa depan berujung pada hukuman pemangkasan 30 poin.

Selain itu, jika ada dari enam klub yang melakukan aksi serupa, mereka akan diganjar denda sebesar 25 juta pound sterling.

"Liga Primer Inggris dan FA telah bekerja sama selama proses ini. Dengan kesepakatan ini penyelidikan terkait kasus ini ditutup," kata Liga Primer Inggris. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT