09 June 2021, 11:10 WIB

Rusia Laporkan Jersey Timnas Ukraina ke UEFA


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

RUSIA, Selasa (8/6), mengajukan laporan kepada UEFA terkait jersey Piala Eropa Ukraina yang ditudingnya bersifat politis karena menampilkan peta Ukraina yang mencakup Krimea, wilayah yang dicaplok Rusia, serta seruan patriotik Ukraina.

Dalam surat yang dikirimkan Federasi Sepak Bola Rusia kepada UEFA, tiga hari menjelang Piala Eropa, 'Negeri Beruang Merah' itu mengatakan, "Kami menyoroti motif politik dari jersey timnas Ukraina yang berlawanan dengan aturan jersey UEFA."

Kiev memicu kemarahan Moskow setelah asosiasi sepak bola Ukraina memperkenalkan jersey Piala Eropa 2020 yang menampilkan peta Ukraina yang mencakup Krimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014.

Baca juga: Dua Pemain Swedia Positif Covid-19

Jersey itu juga menampilkan frasa 'Jayalah Ukraina' dan 'Jayalah Para Pahlawan'.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky langsung menyatakan dukungan bagi jersey kontroversial itu setelah mendengar kabar mengenai surat yang dikirimkan Rusia ke UEFA.

Lewat Instagram, Zelensky mengunggah dua foto dirinya memegang jersey Ukraina dengan nomor punggung 95.

"Jersey baru timnas Ukraina ini beda dari yang lain. Jersey ini mengejutkan. Jersey ini berisi simbol yang mempersatukan warga Ukraina," ujar Zelensky.

UEFa biasanya menggarisbawahi pentingnya menghidari masalah politik di sepak bola.

Namun, dalam sebuah pernyataan resmi, UEFA menegaskan bahwa mereka telah menyetujui jersey Ukraina itu karena dianggap tidak melanggar aturan.

Mayoritas negara dunia tidak mengakui aneksasi Krimea oleh Rusia. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT