04 May 2021, 17:43 WIB

Manchester United Terancam Sanksi Pemotongan Poin


Widhoroso | Sepak Bola

MANCHESTER nchester United terancam mendapat sanksi pengurangan poin setelah ratusan pendukung mereka menyerbu Old Trafford, Minggu (2/5). Akibat aksi tersebut laga melawan Liverpool tidak bisa dimainkan dan ditunda

Pihak Liga Primer Inggris dan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) melakukan investigasi menyusul protes massa yang dilakukan di sekitar stadion Old Trafford. Fan berhasil masuk ke dalam stadion dan bahkan melakukan protes di lapangan untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemilik klub, keluarga Glazer.

Protes itu berujung dengan anarki. Suar, botol, dan berbagai macam benda dilemparkan oleh fan ke arah polisi sehingga menyebabkan enam personel yang terluka. Fan yang protes itu juga menyerbu Hotel Lowry, tempat para pemain Manchester United menginap dan memblokade jalur tim menuju stadion.

Dilansir Daily Mail, Liga Primer dan FA berbicara dengan United dan otoritas lokal untuk menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi dan di mana tanggung jawab yang harus dibebankan. Menurut aturan Liga Primer, poin dapat dikurangai jika klub gagal memastikan keamanan para pemain dan staf, serta masuk dan keluar lapangan tanpa sesuai dengan prosedur.

FA juga bisa menjatuhkan denda, dalam daftar panjang hukuman potensial, yang mencakup penutupan lapangan dan skorsing dari kompetisi. Klub juga bisa dituntut untuk memberikan kompensasi kepada pihak lain atas biaya apa pun.

Di dalam Buku Pegangan Liga Primer, aturan K14 menyatakan bahwa klub tuan rumah harus memastikan bahwa para pemain dan ofisial pertandingan bisa masuk dan keluar stadion dengan aman, serta ada lingkungan yang aman untuk memainkan pertandingan. Aturan K13 juga menyatakan bahwa pintu masuk pemain serta area parkir dan titik masuk diawasi atau dijaga dengan baik. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT