03 May 2021, 07:03 WIB

Neville Dukung Aksi Protes Pendukung Manchester United


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MANTAN bek Manchester United Gary Neville mendukung aksi protes pendukung Setan Merah terhadap pemilik klub Liga Primer Inggris itu, keluarga Glazer, yang menyebabkan laga kandang melawan Liverpool, Minggu (2/5), terpaksa ditunda.

Ratusan pendukung Manchester United berkumpul di luar Old Trafford, beberapa jam sebelum laga melawan Liverpool, untuk mengungkapkan kemarahan mereka terhadap pemilik klub asal Amerika Serikat (AS) itu.

Kemudian, sekitar 200 pendukung Manchester United menerobos masuk ke dalam Old Trafford. Mereka masuk ke lapangan, menyalakan cerawat, merusak lapangan, dan menunjukkan spanduk anti-Glazer.

Baca juga: Liga Primer Inggris Kecam Aksi Pendukung Manchester United

Aksi itu akhirnya berhasil diredam setelah polisi antihuru-hara, beberapa menggunakan kuda, diterjunkan untuk mendorong pendukung brutal itu meninggalkan Old Trafford.

Keluarga Glazer tidak disukai karena dianggap menyebabkan merosotnya perfoma Manchester United sejak mengambil alih klub itu pada 2005.

Peran mereka dalam pembentukan Liga Super Eropa semakin memancing kemarahan pendukung Setan Merah.

Neville, kritikus keras keluarga Glazer dan Liga Super Eropa, langsung mengungkapkan dukungannya bagi aksi protes pendukung Manchester United.

"Alasan mereka melakukan aksi hari ini adalah karena mereka sudah muak," ujar Neville kepada Sky Sports.

"Saya rasa ini adalah peringatan bagi pemilik klub bawha para pendukung tidak terima dengan apa yang telah mereka lakukan."

"Aksi ini tidak akan berlalu begitu saja karena para pendukung sudah tidak percaya kepada pemilik klub dan mereka tidak suka dengan pemilik klub. Saya rasa pemilik klub harus hengkang."

"Namun, bola ada di tangan pemilik klub mengenai apa yang akan mereka lakukan. Para pendukung telah berbicara, mereka membela hal yang benar," lanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT