26 April 2021, 05:48 WIB

Guardiola Puji Performa Sterling di Final Piala Liga


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PEP Guardiola menyanjung tinggi penampilan Raheem Sterling saat membantu Manchester City menjuarai Piala Liga Inggris dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 dalam partai final di Stadion Wembley, London, Senin (26/4) dini hari WIB.

Kendati gagal mencatatkan namanya di papan skor, Sterling, yang bermain 90 menit penuh, tampil impresif dengan terus menebar bahaya dari sisi sayap kiri serangan City.

Menurut Guardiola, Sterling adalah gambaran nyata mentalitas para pemain City yang memang datang ke Wembley dengan kebulatan tekad untuk
menjadi juara.

Baca juga: Juara Piala Liga, The Citizens ingin Sempurnakan Gelar

"Luar biasa. Ia memperlihatkan kepada lawan, kami datang untuk menang sejak serangan pertama. Ia sangat luar biasa agresif," kata Guardiola selepas laga dilansir laman resmi City.

"Serge Aurier memang bek cepat dan Tottenahm sangat bagus dalam menghalau beberapa tembakan, demikian juga Hugo Lloris yang melakukan
beberapa penyelamatan, tetapi Sterling sangat brilian," tambahnya.

Dalam delapan menit pertama pertandingan, Sterling langsung mengobrak-abrik pertahanan Tottenham. Sayang, umpannya gagal diselesaikan baik oleh Phil Foden sedangkan sundulannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Lantas, pada menit ke-14, tembakan Sterling yang sudah akurat dihalau Eric Dier yang pasang badan di muka gawang sedangkan aksi Sterling mengecoh Lloris dengan tendangan cungkil masih tipis di sisi gawang pada menit ke-30.

Kendati pada akhirnya Aymeric Laporte yang menjadi pencetak gol kemenangan City, Guardiola tetap memuji level kontribusi Sterling lewat banyaknya peluang yang ia ciptakan sepanjang laga.

"Mentalitasnya hebat. Ia berlatih dengan baik dan menerjemahkannya secara luar biasa di atas lapangan. Ia menciptakan banyak kesempatan dan
beberapa umpan matang untuk Ilkay Gundogan misalnya," kata Guardiola.

"Secara keseluruhan, para pemain kami tampil brilian tadi," pungkasnya.

Kemenangan atas Tottenham membuat Guardiola jadi pelatih pertama yang menjuarai Piala Liga Inggris empat musim beruntun, sekaligus membuat City menyamai rekor torehan delapan trofi kompetisi tersebut yang dimiliki Liverpool. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT