22 April 2021, 07:20 WIB

Gasperini Puji Guardiola dan Klopp yang Menentang Liga Super Eropa


Basuki Eka Purnama |

PELATIH Atalanta Gian Piero Gasperini, Rabu (21/4), mengaku lega Liga Super Eropa batal begulir dan mengucapkan terima kasih kepada pelatih klub pendiri kompetisi tandingan Liga Champions itu yang mengungkapkan penolakan mereka.

Sebanyak 12 klub Eropa mengumumkan pendirian turnamen itu yang akan mencakup 15 klub yang otomatis lolos ke babak utama pada Senin (19/4).

Namun, kurang dari 48 jam kemudian, usulan itu berantakan setelah enam klub Inggris mundur disusul tiga klub Italia plus Atletico Madrid pada Rabu (21/4).

Baca juga: Glazer Minta Maaf Soal Liga Super Eropa ke Pendukung MU

Pelatih Manchester CIty Pep Guardiola dan manajer Liverpool Juergen Klopp merupakan pelatih yang mengkritik rencana pendirian Liga Super Eropa meski klub mereka merupakan pendiri turnamen itu.

"Kami senang bisa bermain lagi. Pada Senin, tampaknya kami tidak akan perlu bertanding lagi. Kami tidak tahu apakah kompetisi ini akan bisa berakhir atau tidak," ujar Gasperini menjelang laga Serie A melawan AS Roma, Jumat (23/4) dini hari WIB.

"Namun, dari kekacauan itu, saya bisa mengungkapkan kekaguman luar biasa bagi Guardiola, Klopp, para pemain Liverpool, pendukung Chelsea, dan (pelatih Sassuolo Roberto) De Zerbi," ungkap Gasperini.

"Reaksi dari semua orang dan para pendukung sepak bola benar-benar luar biasa," lanjutnya.

Atalanta tampil di Liga Champions untuk pertama kali sepanjang sejarah pada musim 2019/20 dan mencapai babak perempat final. Musim ini, mereka mencapai babak 16 besar. Mereka pun bertekad lolos ke perhelatan musim depan.

Akhir pekan lalu, klub asal Bergamo itu mengalahkan Juventus di laga Serie A untuk pertama kali sejak 2001 dan kini menduduki peringkat tiga klasemen Serie A.

"Saya hanya berharap penampilan seperti Atalanta atau klub kecil lain bisa menjadi semakin banyak karena sistemnya mengizinkan," tegas Gasperini. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT