20 April 2021, 07:19 WIB

Pascapengumuman Liga Super Eropa, Saham Juventus dan MU Melonjak


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SAHAM Juventus dan Manchester United, Senin (19/4), melonjak setelah kedua klub itu mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa bersama 10 klub kuat Eropa lainnya.

Saham Bianconeri naik hampir 18% menjadi 0,91 euro di bursa saham Milan setelah sempat merosot sejak mereka tersingkir dari Liga Champions, Maret lalu.

Saham Manchester United, yang ditawarkan di Bursa Saham New York, naik 6,7%.

Baca juga: Klopp Kecam Liga Super Eropa

Hal itu terjadi setelah kedua klub itu mengumumkan partisipasi mereka dalam kompetisi baru bersama klub asal Italia, Inggris, dan Spanyol.

Inter Milan, AC Milan, Liverpool, Arsenal, Chelsea, Manchester City, Tottenham Hotspur, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid juga ambil bagian dalam pembentukan kompetisi yang memicu kemarahan otoritas sepak bola, pemain, dan penggemar.

"Insentif finansial yang akan diterima klub telah terlihat dengan paket senilai miliaran dolar dari rencana kompetisi itu meski pada akhirnya kompetisi ini mencoreng integritas sepak bola," ujar analis bursa saham Neil Wilson.

"Tambahan pemasukan dari Liga Super Eropa harus bisa mengatasi kehilangan potensial dari pemasukan hak siar televisi di liga domestik dan kompetisi UEFA," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT