20 April 2021, 07:09 WIB

Klopp Kecam Liga Super Eropa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MANAJER Liverpool Juergen Klopp mengaku dirinya tidak dimintai masukan oleh the Reds saat mereka mencetuskan Liga Super Eropa. Pelatih Jerman itu kemudian mengecam format tertutup kompetisi itu.

Liverpool merupakan satu dari 12 klub pencetus Liga Super Eropa yang memancing kemarahan pemerintah, otoritas sepak bola, pemain, dan pendukung.

Berdasarkan usulan itu, sebanyak 15 klub pendiri akan berlaga dalam turnamen beranggotakan 12 tim setiap tahun tanpa melalui babak kualifikasi.

Baca juga: Klub Pencetus Liga Super Diminta Ditendang dari Liga Champions

Liverpool terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan setelah menduduki peringkat enam klasemen, di belakang Leicester dan West Ham United.

"Saya mengerti mengapa orang menyebut kompetisi itu tidak benar yaitu kompetisinya yang tertutup," ujar Klopp.

"Saya menyukai fakta West Ham berpeluang tampil di Liga Champions musim depan. Saya tidak ingin hal itu terjadi karena saya lebih memilih Liverpool yang ada di sana namun saya menyukai fakta mereka memiliki peluang," lanjutnya.

Klopp, sebelumnya, mengatakan, "Saya berharap Liga Super ini tidak pernah terwujud" sembari mempertanyakan apakah pendukung akan menyukai Liverpool berhadapan dengan Real Madrid setiap tahunnya.

Pada 2019, pelatih Jerman itu mengatakan, "Bagi saya, Liga Champions adalah Liga Super karena Anda tidak selalu berhadapan dengan tim yang sama."

"Mengapa Anda mau membuat sistem dimana Liverpool akan berhadapan dengan Real Madrid selama 10 tahun berturut-turut? Siapa yang mau terus menerus melihat itu?" tanyanya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT