19 April 2021, 21:27 WIB

Dortmund Tegaskan Tidak Ikut Liga Super Eropa


Widhoroso | Sepak Bola

BORUSSIA Dortmund memastikan tidak akan menjadi salah satu klub yang bergabung dengan Liga Super Eropa yang ramai menjadi perbincangan hangat baru-baru ini. Sejauh ini, sudah 12 klub yang memastikan diri ikut dalam kompetisi tandingan Liga Champions itu.

Liga Primer Inggris diwakili enam besar tradisional, yakni Manchester United, Liverpool, Chelsea, Manchester City, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Dari La Liga Spanyol ada Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona, serta Serie A Italia diwakili Juventus, Inter Milan, dan AC Milan. Menurut kabar, ada tiga klub lagi yang akan segera ditambahkan ke dalam daftar pendiri, dengan lima tim lagi akan diberikan izin masuk jika mereka memiliki persyaratan kualifikasi tertentu.

Namun, Dortmund memastikan mereka tidak akan tergabung dalam proyek baru tersebut. Chief executive klub Bundesliga itu, Hans Joachim Watzke mengungkapkan sikap klub terhadap Liga Super Eropa dalam sebuah pernyataan resmi.

Dalam rilis tersebut, ia juga mengonfirmasi bahwa klub mendukung reformasi Liga Champions yang diusulkan, yang akan dilakukan pemungutan suara pada pekan ini. "Anggota dewan Asosiasi Klub Eropa (ECA) berkumpul dalam sebuah pertemuan virtual pada Minggu malam, di mana disepakati bahwa keputusan dewan dari Jumat lalu masih berlaku," ujar Watzke.

"Keputusan ini menentukan bahwa semua klub ingin menerapkan reformasi yang diusulkan kepada Liga Champions UEFA. Anggota dewan ECA mengambil sikap yang jelas dalam menolak rencana pembentukan Liga Super Eropa," jelasnya.

Watzke menambahkan tentang kabar bahwa Bayern Muenchen juga memilih untuk keluar dari kompetisi. "Kedua klub Jerman di dewan ECA, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund, memiliki sikap yang persis sama sepanjang semua diskusi yang dilakukan," ujar Watzke. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT