17 April 2021, 17:50 WIB

Persija Disarankan Hindari Adu Penalti Melawan PSM


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PERSIJA Jakarta harus menghindari adu penalti melawan PSM jika ingin mulus ke final Piala Menpora 2021. PSM punya mental yang lebih kuat jika penentu lolos ke final ditentukan oleh adu penalti.

Hasil imbang 0-0 di leg pertama membuat persaingan perebutan tiket final Piala Menpora masih terbuka lebar. Tim Juku Eja juga tidak menutup kemungkinan membungkam Persija Jakarta lewat adu penalti.

Situasi pernah dilakukan PSM Makassar ketika menyingkirkan PSIS Semarang lewat adu penalti pada laga perempat final. Ketika itu, PSM menang 4-2 atas PSIS pada babak tos-tosan, setelah bermain imbang 0-0 selama 2 x 45 menit.

Kemampuan penjaga gawang Hilman Syah juga sudah terbukti mengagalkan dua tendangan saat adu penalti melawan PSIS. Kiper berusia 23 tahun ini masih jadi pemain kunci PSM Makassar di Piala Menpora 2021. Dia melakukan 12 save di fase grup.

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengincar kemenangan saat kembali bertemu PSM di leg kedua. Dia tak mau mengulang hasil sama di leg pertama, yang hanya berkesudahan dengan skor 0-0.

Sudirman berencana membuat perubahan di dalam timnya. Mengingat, hanya kemenangan yang menentukan timnya lolos ke babak final. “Mudah-mudahan di leg kedua tim kami bisa memanfaatkan peluang menjadi gol,” ucap Sudirman.

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak menyebut bahwa kekurangan di semifinal leg pertama akan dijadikannya sebagai bahan evaluasi, agar penampilan ia dan koleganya lebih baik di leg kedua.

“Untuk laga berikutnya itu jadi PR, ini harus dipikirkan fokus ke leg kedua, kami mau sampai final,” kata Riko. (OL-13)

BERITA TERKAIT