11 April 2021, 10:49 WIB

Gagal di Laga El Clasico, Koeman Kecewa dengan Kinerja Wasit


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

PELATIH Barcelona, Ronald Koeman mengaku kesal terhadap wasit yang memimpin laga timnya melawan Real Madrid di La Liga, Minggu, (11/4) WIB. Ia yakin kalau Blaugrana seharusnya mendapatkan penalti.

Insiden pelanggaran di kotak 16 Real Madrid terjadi pada menit ke-83. Dari tayangan ulang, Ferland Mendy memang terlihat melakukan kontak hingga membuat Martin Braithwaite terjatuh. Meski  sentuhan antara keduanya terlihat sangat minim.

Wasit jelas tidak mengindahkan keputusan tersebut dan tetap melanjutkan pertandingan, para pemain Barcelona yang tidak terima langsung mengerubunginya hingga membuat wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Jordi Alba.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Koeman pun mengaku kesal kepada wasit terkait insiden tersebut. Ia juga mengatakan kalau semua elemen Barcelona, bahkan sampai fans sekalipun, pasti kesal saat mengetahui kalau insiden tersebut bukan pelanggaran.

"Jika anda seorang fans Barcelona, anda akan marah dan merasa tidak senang karena keputusan wasit," ujar Koeman dikutip dari Marca, Minggu, (11/4).

"Sebelumnya, saya hanya ingin berkata bahwa kami tidak bermain dengan baik di babak pertama, baik dari segi pertahanan maupun penyerangan. Saya cuma meminta wasit memperbaiki kinerjanya," imbuhnya.

Disebutnya, Ia juga menyayangkan wasit yang terlalu kukuh untuk tidak meninjau tayangan ulang kejadian tersebut lewat VAR.

"Saya tidak tahu mengapa ada VAR di Spanyol. Semua orang telah melihat insidennya. Buat saya, itu sudah jelas penalti. Semuanya telah melihatnya. Saya tidak paham demgan hakim garis berjarak 10 meter tidak melihatnya," sebutnya.

"Dari cara Martin terjatuh, sudah jelas kalau itu pelanggaran. Mungkin wasit tidak melihantnya, tapi kami punya VAR untuk situasi seperti ini. Sudahlah mungkin yang terbaik adalah berhenti berbicara," ucapnya.

Adapun dalam pertandingan itu, Real Madrid memenangi pertandingan El Clasico dengan skor akhir 2-1 atas Barcelona. dan naik ke puncak klasemen sementara.

Gol tumit Karim Benzema dan eksekusi tendangan bebas Toni Kroos berhasil mengantarkan kemenangan Real Madrid, ketika Barcelona hanya membalas sekali melalui Oscar Mingueza yang menandai debutnya di El Clasico dengan sebuah gol.

Hasil itu pun membuat Pelatih Madrid Zinedine Zidane begitu senang, apalagi timnya mampu membuat banyak peluang sepanjang pertandingan.

"Kami sangat senang atas upaya dan kerja kerasa yang ditunjukkan. Saya pikir kami bermain bagus pada babak pertama," sebut Zidane di akun Twitter milik Real Madrid.

"Pada akhirnya, kami layak mendapatkan kemenangan. karena kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol, yang mana akan sempurna bagi kami," ujarnya.

Sepanjang karirnya sebagai pelatih Madrid, Zidane memiliki catatan apik dalam El Clasico. Dia menjadi pelatih Madrid pertama yang bisa memenangkan tiga El Clasico secara beruntun. (Rif/Marca/OL-09)

BERITA TERKAIT