10 April 2021, 21:19 WIB

Persija Akhiri Perlawanan Barito Putra dan Maju ke Semifinal


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

PERTANDINGAN babak perempat final antara Persija Jakarta melawan Barito Putra berlangsung ketat dengan kedua tim sama -sama memainkan permainan terbuka.

Namun pada akhirnya Persija Jakarta mampu memecah kebuntuan dengan gol dari Marco Simic di menit ke 60 memanfaatkan umpan tarik mendatar dari Riko Simanjuntak.

Dengan hasil ini Persija berhak lolos ke babak Semifinal dan akan ditantang oleh PSM Makassar yang sebelumnya mengalahkan PSIS Sleman melalui adu penalti.

Dalam laga antara Persija dengan Barito Putra kedua tim langsung menekan sejak peluit dibunyikan. Barito langsung mengancam gawang Persija saat laga belum berjalan 1 menit dengan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Persija mendapatkan kesempatan pertamanya dari tendangan sudut di menit ke empat. Sayangnya karena mengantisipasi bola pemain bertahan Barito Bagas Kaffa cedera setelah bertabrakan saat menghalau bola dan jatuh dengan posisi yang salah.

Pelatih Barito Djadjang Nurdjaman terpaksa memasukkan Nazar Nurzaidin untuk menggantikan Bagas. Namun nasib buruk masih menaungi Barito Putra, di menit 21 Bissa Donald juga mengalami cedera dan digantikan oleh Kahar Kalu

Persija tetap dominan mengendalikan permainan hingga cooling break di menit 30. Meski begitu rapatnya pertahanan Barito Putra menyulitkan Marco Simic dkk membobol gawang Muhammad Riyandi.

Di sisi lain Barito juga tidak tinggal diam, Rizky Rizaldi Pora beberapa kali terlihat merepotkan barisan belakang Persija. Namun bola selalu berhasil di halau dan tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Hingga paruh pertama kedua tim masih gagal menggetarkan gawang lawannya. Menyikapi hal tersebut Pelatih Persija Sudirman langsung memasukkan darah baru ke lini serang Persija. Ia memasukkan Riko Simanjuntak menggantikan Alfriyan.

Keputusan tersebut terbukti jitu, sejak dimasukkan Riko langsung memberikan tekanan ke pertahanan Barito Putra. Setidaknya dua kesempatan langsung ia hasilkan bagi Persija.

Pergerakan Riko di sayap kanan sulit diantisipasi oleh pertahanan Barito. Tak lama setelah ia masuk di babak kedua, umpan Riko nyaris berbuah gol setelah umpannya disundul oleh Osvaldo Putra.

Sayang sundulan tersebut memantul dahulu ke tanah dan ditangkap oleh penjaga gawang Barito. Tidak butuh waktu lama bagi Riko untuk mengkreasikan kesempatan lainnya bagi Persija, satu menit berselang ia kembali memberikan umpan manis ke Marko Simic, sayang tembakannya melebar dari gawang Barito.

Pada akhirnya Riko mampu menjawab kepercayaan Sudirman dengan mengkreasikan gol bagi Marco Simic di menit ke 60.

Riko yang beroperasi di sayap kanan langsung menusuk ke jantung pertahanan Barito dengan memanfaatkan operan lambung jauh dari tengah lapangan. Dengan hanya mengontrol bola dengan sentuhan pertama menggunakan kepala di kotak penalti Barito, ia langsung memberikan umpan tarik yang langsung dimanfaatkan oleh sontekan Marco Simic.

Tertinggal satu gol membuat Barito Putra berusaha meningkatkan intensitas serangan. Masuknya Beni Oktavianto memberikan nafas baru bagi Barito, sayangnya barisan Belakang Persija masih mampu mengantisipasi serangan dari Barito Putra.

Justru Barito Putra yang nyaris kembali kebobolan di menit 88 setelah tendangan bebas Marck Klok. Sayang gol tersebut dianulir lantaran terlebih dahulu terjadi pelanggaran. Hingga peluit akhir tidak ada gol lagi yang tercipta, (Dro/OL-09)

BERITA TERKAIT